FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH UNTUK MENABUNG DI BANK KALBAR SYARIAH CABANG SINGKAWANG
Abstract
Peranan perbankan dalam perekonomian rakyat saat ini sangat penting untuk memudahkan dan melancarkan berbagai sektor ekonomi di Indonesia. Selain turut serta dalam usaha menstabilkan keadaan perekonomian di Indonesia, perbankan ditiap daerah juga turut mendukung dan menciptakan iklim yang kondusif bagi usaha–usaha yang ada di wilayah tersebut.Salah satu faktor yang paling mendasar di dalam masyarakat terhadap minat menabung yakni faktor pendapatan masyarakat itu sendiri. Banyak masyarakat memiliki tingkat pendapa tan yang berbeda sehingga minat menabung setiap individu juga berbeda. Jenis penelitian yang akan peneliti gunakan yaitu pendekatan bersifat Field Reserch (penelitian lapangan) dan mengambil suatu obyek untuk dianalisa dan memfokuskan pada suatu masalah yang akan diteliti dengan menggunakan studi kasus. Penelitian kualitatif adalah sua tu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan dan prilaku yang diamati dari subyek itu sendiri. Hasil Penelitian Faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah untuk menabung di Bank Kalbar Syariah Cabang Singkawang tidak terlepas dari marketing mix (bauran pemasaran) yang terdiri dari empat unsur yakni product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Hal ini sangat mempengaruhi minat nasabah untuk menabung di Bank Kalbar Syariah Cabang Singkawang karena produk yang ditawarkan ses uai dengan prinsip Islam, bebas riba, harga pembukaan rekening tabungan yang terjangkau, lokasi yang strategis sehingga memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi, dan dengan adanya promosi minat masyarakat untuk menabung semakin meningkat .