Sinergi Ilmu dan Pengintegrasiannya Dengan Nilai Ajaran Islam Dalam Pendidikan

  • Anis Winda Saputri SD Negeri 2 Trunuh
  • Yusuf Abadi MTs Muhammadiyah 1 Klaten
  • Latifah Indriani Octavia STAI Muhammadiyah Klaten
Keywords: Sinergi, Integrasi, Ilmu, ajaran Islam, pendidikan

Abstract

Majunya suatu peradaban manusia yang memberikan perubahan didunia tidak terlepas dari pengaruh peranan pentingnya ilmu yakni ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Perkembangan yang ada berdampak pada kemajuan khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. akan tetapi suatu ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak didasari dengan ilmu agama maka akan menyebabkan terjadinya penyalahgunaan ilmu tersebut untuk tujuan yang tidak tepat tujuan yang dapat menghancurkan manusia itu sendiri. Pada artikel ini menggunakan metode library research dengan jenis penelitian kualitatif. Dengan melalui penelitian kepustakaan, maka pengumpulan data dan informasi melalui bahan-bahan yang ada diperpustakaan seperti buku referensi, artikel, catatan, jurnal yang berkaitan dengan permasalahan yang hendak dipecahkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sinergi ilmu dan pengintegrasiannya dengan nilai ajaran Islam dalam pendidikan haruslah selaras, seimbang tidak boleh hanya berat sebelah, ibarat dua sisi koin mata uang. Keduanya saling berhubungan saling membutuhkan, melengkapi, menjelaskan, memperkuat secara sinergis dan integratiaf.

References

Abdullah, A. (2022) ‘Integrasi Agama dan Sains Dalam Perspektif Pendidikan Islam. JURNAL PILAR. Vol. 13. No. 1’.
Abdullah, M.A. (2006) Islmaic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, Cet. I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Adawiyah, R. (2016) ‘Integrasi Sains dan Agama Dalam Pembelajaran Kurikulum PAI. Jurnal AL-BANJARI. Vol. 15. No. 1’, pp. 99–124.
Ali, M.D. (1998) Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Alim, M. (2011) Pendidikan Agama Islam: Upaya Membentuk Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosakarya.
Al-Qardhawi, Y. (1996) Islam Peradaban masa Depan. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Arifin M, A. (2012) Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Baiquni, A. (1997) Al-Qur;an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.
Harahap, H. (2021) ‘PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM PADA PEMBELAJARAN DI Sekolah, Jurnal Literasiologi, Vol. 7 No. 1’, p. 5.
Hidayat, F. (2015) ‘Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. IV No. 2’, p. 309.
Hidayatulloh (2016) ‘Realasi Ilmu Pengetahuan dan Agama. Jurnal Proceeding of ICECRS. Vol.1’, pp. 901–908.
Huain Al Munawar, S.A. (2005) Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’an Dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat: PT Ciputat Press.
Jendri (2019) . ‘Hubungan Sains dengan Agama Perspektif pemikiran IAN G Barbour. Jurnal TAJDID. Vol. 18. No. 1’.
Karim, A. (2014) ‘Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Fikrah. Vol. 2. No. 1’.
Kurniawan, S. (2019) ‘Perspektif Umat Islam Tentang Agama dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Dinamika Penelitian. Vol. 1.No. 1’, pp. 145–166.
Lubis, S. (1997) Umat Islam Dalam Globalisasi. Jakarta: Gema Insani Press.
Muhmidayeli (2013) Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.
Mulyadi, M. (2016) ‘Agama Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume VI Edisi 02’, p. 558.
Mulyana, R (2010) Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Nurhayati Ali, M. (2016) ‘Penerapan Nilai-Nilai Ajaran Islam Dalam Pembelajaran Umum, Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam ISTIQRA’, Vol. III, No. 2’.
Nuriyati, C., Tuti (2020) ‘Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran, Asatiza Jurnal Pendidikan Vol. 1 No. 2’, p. 218.
Putri, F.R. (2019) ‘Integrasi Ilmu Pengetahuan (Sains) dan Agama Islam. Jurnal Walisongo. Vol. 6. No. 1’.
Ramadanti, E.C. (2020) ‘Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA, Jurnal Tawadhu, Vol. 4 No. 1.’, pp. 1054–1055.
Ramayulius, R. (2002) Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.
Ritonga, H.B. (2019) ‘Hubungan Ilmu dan Agama Ditinjau Dari Perspektif Islam. Jurnal Al Maqasid. Vol. 5. No. 1’.
Said, N. (2005) Sinergi Agama dan Sains, Cet. I. Makasar: Alauddin Press.
Sardimi, D. (2011) Pendidikan Islam Pendidikan Islam Pendidikan Islam & ESQ (Komparasi Integratif Upaya Menuju Stadium Insan Kamil. Semarang: Rasail Media Group.
Sari, M. (2022) ‘Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, Vol.1 NO. 27’, p. 44.
Somad, M.A. (2012) ‘Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak, Qalamuna: Jurnal Penddidikan, Sosial dan Agama, Vol. 13, No. 2’, p. 179.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sulasmi, S. (2009) ‘Peran Variabel Perilaku Belajar Inovativ, Intensitas, Kerjasama..... JURNAL EKUITAS. Vol. 13. No. 2’.
Turmudi, T. (2006) Islam, Sains dan Teknologi Menggagas Bangunan Keilmuan Fakultas Sains dan Teknologi Islami Masa Depan. Malang: UIN Maliki Press.
Warsidi (2020) Islam dan IPTEKS Ilmu Hukum. Modul Kuliah AIK 4. Surabaya: PPAIK Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Published
2023-08-14