RELEVANSI METODE PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF ABDULLAH NASHIH ‘ULWAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Tulisan ini tentang pemikiran Abdullah Nashih ‘Ulwan tentang anak dengan segala tingkah laku dan permasalahannya merupakan cerminan hasil dari pendidikan keluarga. Orang tua sebagai pendidik utama dalam keluarga adalah orang yang paling bertanggung jawab atas baik buruknya pertumbuhan dan perkembangan anak. Agar pendidikan dalam keluarga dapat berhasil dengan baik, maka diperlukan suatu metode pendidikan anak dalam keluarga. Pendidikan yang menggunakan metode yang benar dan tepat akan menghasilkan anak didik yang berintegritas yaitu anak yang beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah, sehat, kuat, dan berprestasi. Orang tua harus bisa menjadi teladan bagi anaknya dan mendidiknya dengan ibadah dan akhlaknya Rasulullah Saw. Orang tua harus membiasakan anaknya dengan kegiatan yang positif dan ditunjang dengan kondisi yang kondusif. Orang tua harus menasehati anaknya dengan cara memperhatikan kondisinya dan dengan cara menggugah perasaan afeksi dan emosinya juga berdasarkan metode Al-Qur’an dan As-Sunnah.
References
Al Hamshy, Hisyam Abdul Razaq. 2003. Kiat Mendidik Anak Masa Depan. Jakarta Selatan: Najla Press.
Basri, Hasan. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Dimas, Muhammad Rasyid. 2006. 25 Cara Mempengaruhi Jiwa dan Anak. Jakarta Timur: Putaka Al-Kautsar.
Falah, Saiful. 2014. Parents Power. Jakarta: Republika Penerbit
Nata, Abuddin. 2012. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Salim, Moh. Haitami. 2013. Pendidikan Agama dalam Keluarga. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sekretariat Negara RI. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Surviani, Istanti dkk. 2004. 20 Point Penting Dalam Menghias Jiwa Dan Perilaku Anak. Bandung: Pustaka Ulumuddin.
Syarbini, Amirulloh. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.