MEDIA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN

  • Umi Nasikhah Umi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Baca Tulis, Al-Qur’an

Abstract

Media pembelajaran adalah alat bantu yang tidak terpisahkan pada saat pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan di setiap sekolah. Seorang guru harus punya keterampilan dalam memilih media yang tepat agar proses belajar mengajar bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Dengan pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat diyakini bahwa pembelajaran akan menjadi efektif, menyenangkan, dan materi akan mudah tersampaikan kepada peserta didik. Al-Qur’an adalah kalamullah yang menjadi pedoman hidup bagi manusia sudah semestinya dikuasai oleh setiap individu. Dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, penggunaan media menjadi salah satu hal penting untuk tercapainya pembelajaran. Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran, diantaranya: tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, karakteristik peserta didik atau sasaran, jenis rangsangan belajar yang diinginkan, keadaan lingkungan, kondisi setempat, luasnya jangkauan yang ingin dilayani. Sedangkan jenis media yang bisa digunakan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an adalah media visual, audio, audio visual, dan multimedia.

References

Abdurrahman, Mulyono. (1999). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Abidin, Zainul. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Edcomtech, Vol 1 Nomor 1 tahun 2016.

Al Munawwar, S. A. H. (2003). Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Asnawir dan Basyiruddin Usman, (2002). Media Pembelajaran, Ciputat Press, Jakarta Selatan.

Asyhar, Rayanda. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.

Daradjat, Zakiah. (1995). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, cet. ke-1, Jakarta: Bumi Aksara.

Depdikbud RI, (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Farkhan, Muhammad. (2019). “Penerapan Metode Iqro’ pada Pembelajaran membaca Al-Qur’an di Kelas IV MI Islam Kartasura Tahun Ajaran 2018/2019” Skripsi, (Surakarta: IAIN Surakarta).

Fikri, Salim. (2013). “Metode Qiroati Dapat Meningkatkan Minat Siswa Membaca Al-Qur’an Di SD Ibnu Sina 1 Kota Batam”, Tesis Pasca Sarjana Pendidikan, (Surabaya: Perpustakaan UNSURI).
Hermawan, Didik. (2018). “Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an” Profetika: Jurnal Studi Islam 19 (1): 27-35. http://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/7751/4445.

Husain, Abdul Karim. (1988). Seni Kaligrafi Khat Naskhi, Tuntunan Menulis Halus Arab dengan Metode Komparatif. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Ilyas, Yunahar. (2013). Kuliah Ulumul Qur’an, Yogyakarta: ITQAN Publishing.

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, (2015). Modul Baca Tulis Al Qur’an. Tulungagung: IAIN Tulungagung Press.

Khon, A. M. (2007). Praktikum Qira’at Keanehan Membaca Alquran Qira’at Ashim dari Hafash.

Lutfi, Ahmad. (2009). Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Mirso, Yusufhadi. (1986). Teknologi Komunikasi Pendidikan Pengertian dan Penerapannya di Indonesia, Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV Rajawali.

Nasikhah, Umi. (2019). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di PAUD. Jurnal Primearly Vol II No. 2. IAIS Sambas . 2019.

Poerwadarminta, (2006). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Shiddieqy, M. H. A. (2005). Pedoman Dzikir dan Doa, Semarang: Pustaka Rizki Putra, cet.6.

Soedarso, (1988). Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Syukur, Amin. (2003). Pengantar Studi Islam, Semarang: Bima Sejati, Cet.6.

Taufik, (2011). Pembelajaran Bahasa Arab MI, Surabaya: PMN.
Published
2021-06-21