PERAN MUSEUM SEBAGAI PUSAT EDUKASI DAN DAYA TARIK WISATA BAGI MASYARAKAT SAMBAS

  • BETI POSHA Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Henny Yusnita Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Peran Museum, Edukasi, Daya Tarik Wisata Masyarakat Sambas

Abstract

 

Aspek budaya universal masyarakat dapat diamati di setiap masyarakat. Adapun cara yang dapat kita ketahui kebudayaan masyarakat baik itu individu maupun kelompok yang mana untuk mendapatkan gambaran budaya masyarakat setempat yakni berkunjung ke museum. Dengan berkunjung ke museum kita dapat melihat gambaran tentang peradaban budaya daerah, baik zaman purbakala maupun di zaman modern. Museum perlu merefleksikan diri sebagai tempat yang menggambarkan pusat penelitian, pusat multimedia, dan pusat pendidikan untuk pelestarian budaya masyarakat modern. Berdasarkan kinerja kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, dapat disimpulkan bahwa kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat “Peran Museum sebagai Pusat Edukasi dan Daya Tarik Wisata Bagi Masyarakat Sambas” yaitu melalui museum, masyarakat Sambas lebih menghargai, mencintai, dan melestarikan peninggalan peradaban yang ditinggalkan agar tetap dikenal oleh generasi penerus dari masa ke masa.

References

Aditya, Rismahendra. (2012). Progam Tahun Kunjungan Museum Ronggowarsito PDF.
Afandi, Agus. (2015). Modul Participatory Action Research (PAR) untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing), Surabaya: Dwiputra Pustaka Jaya.
Akbar, Ali. (2010). Museum di Indonesia: Kendala dan Harapan. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.
Anonim. (1994). Buku Pinter tentang Permuseuman. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Khoirnafiya. (2019). Peranan Museum Bagi Masyarakat Masa Kini, http://museumku.wordpress.com di akses pada tanggal 18 Juni, pukul 16.15 wib.
Niken. (2019). Museum Sebagai Objek Daya Tarik Wisata, http://dhealovamalukuutaramaniez.blogspot.com, diakses pada tanggal 19 Juni, pukul 10.37 wib.
Posha, Beti Yanuri. (2023). Museum dan Museologi: Sebuah Pengantar. Sumatera Barat: PT Insan Cendekia Mandiri Group.
Sunarto dan Puji Johartono. (t.th.). Buku Panduan dan Lembar Kerja Kunjungan Museum Jawa Tengah Ronggowarsito. Jawa Tengah: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Museum Jawa Tengah Ronggowarsito.
Widadi, Z. (2010). Peran Museum Sebagai Edukasi dan Budaya. Jakarta: Indonesia Press.
Y, Arbi. (2002). Museum dan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.
Yamin M. (1984). Data Museum Sebagai Sarana Pendidikan Non Formal. Museografis.
Yoeti, Oka A. (2006). Pariwisata. Bandung: Angkasa.
Published
2023-02-27