Peran Kepala Sekolah dalam Mengambil Keputusan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Ma’arif Curug Cijulang

  • Ulpah Nupusiah STIT NU Al Farabi Pangandaran
  • Arif Rahman Aziz STIT NU Al Farabi Pangandaran
Keywords: Peran Kepala Sekolah, Pengambilan Keputusan, mutu pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan mutu pendidikan studi kasus MTs Ma’arif Curug Cijulang. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru dan staf. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah MTs Ma’arif Curug Cijulang yaitu dengan cara: mendefenisikan masalah, menganalisis masalah, mengembangkan alternatif solusi, memutusan alternatif, pengimplementasian serta evaluasi. Dan juga kepala sekolah mendorong para guru-guru untuk selalu aktif dan kreatif dalam setiap pengambilan keputusan guna menumbuhkan rasa tanggung jawab bersama dalam peningkatan mutu pendidikan di lembaga tersebut. (2) Partisipasi yang dilakukan oleh kepala sekolah MTs Ma’arif Curug Cijulang ialah dengan mengikutsertakan: yayasan, para dewan guru beserta staff tata usaha dalam pengambilan keputusan. Untuk melaksanakan partisipasi ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan musyawarah dan meminta tanggapan. Hal ini agar menumbuhkan rasa tanggung jawab yang lebih besar dalam melaksanakan keputusan- keputusan tersebut dan merasakan keadilan serta merasa keadilan serta merasa dihargai. Dalam hal pelaksanaan agar berjalan efektif kepala sekolah MTs Ma’arif Curug Cijulang membuat Reward dan Punishment. (3) Evaluasi pelaksanaan keputusan yang dilakukan oleh kepala sekolah MTs Ma’arif Curug Cijulang dilaksanakan oleh seluruh komponen yang ada dalam lembaga tersebut dan yang bertanggung jawab dalam pengevaluasian keputusan yaitu semua pihak yang terkait dalam melaksanakan keputusan tersebut dan pengevaluasian juga bermanfaat untuk mengetahui sejauh mana dampak dari keputusan tersebut. Berdasarkan hal tersebut pengevaluasian di MTs Ma’arif Curug Cijulang sangat efektif karena pengevaluasian dilakukan dengan kerja sama dengan semua staf terkait.

References

Abubakar, R. (2021). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN (1st ed.). SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications, Inc. https://www.pdfdrive.com/qualitative-quantitative-and-mixed-methods-approaches-e91943566.html

Ilahi, R. (2022). Peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Bilingual Kota Batu [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/38634/

Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. QUALITY, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039

Neliwati, N., Surion2, Z., Rinald, R., & Tamiang, Y. (2022). PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK NEGERI 2 BINJAI. JGK (Jurnal Guru Kita), 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i2.31650

Rahmat, A. (2021). Kepemimpinan Pendidikan. Zahir Publishing.

Siswopranoto, M. F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i1.372

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (7th ed.). Alfabeta.

Published
2024-04-14