Pelatihan Membaca Cepat sebagai Upaya Meningkatkan Literasi dan Pemahaman Bacaan

  • Junaedi Pamungkas STKIP Syekh Manshur
  • Yeni Sulaeman STKIP Syekh Manshur
  • Ratna Dewi Ibrahim STKIP Syekh Manshur
  • Rifki Arif Nugraha STKIP Syekh Manshur
Keywords: Pelatihan membaca cepat, pemahaman bacaan

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui latihan membaca cepat dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam literasi dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap apa yang dibacanya. Pelatihan membaca cepat adalah pelatihan yang dibuat untuk memaksimalkan potensi membaca seseorang dalam memahami sebuah bacaan. Setelah kita melakukan latihan membaca cepat maka pemahaman kita akan semakin bertambah terhadap bacaan, dan secara langsung kecepatan kita dalam membaca juga akan meningkat.  Pelatihan ini dilakukan di kelas IV SDN MEKAR SARI 2 Desa Mekar Sari, Kecamatan Panimbang. Keterampilan membaca mempunyai peranan yang sangat penting bagi siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Oleh karena itu, keterampilan membaca harus dikuasai siswa. Tujuan pelatihan ini agar siswa dapat membaca dengan cepat sehingga mudah dalam memahami isi bacaan dan juga agar dapat menambah minat baca pada siswa. Pelatihan ini memberikan dampak yang positif bagi peserta.

References

Patiung, D. (2016). MEMBACA SEBAGAI SUMBER PENGEMBANGAN INTELEKTUAL. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Sari, C. P. (2018). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV. BASIC EDUCATION, 7(32), Article 32.

Sudirman, & Maru, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Badan Penerbit UNM.

Tambak, S. (2014). METODE CERAMAH: KONSEP DAN APLIKASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL TARBIYAH, 21(2), Article 2. https://doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tantri, A. A. S. (2015). CARA MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/ap.v1i2.10051

Wulandari, C., & Agustina, E. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN METODE GERAKMATA MAHASISWA SEMESTER I KELAS A PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Wacana: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 16(1), Article 1. https://doi.org/10.33369/jwacana.v16i1.6690

Published
2024-02-13