Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Sulthoniyah Sambas

  • Asman Asman Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Mutazam Mutazam Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Iswandi Iswandi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Hadisa Putri Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Malfiandri Malfiandri Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Firli Ariska Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Riazmi Yusma Sari Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Nilda Nilda Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Profesionalisme guru, karya tulis ilmiyah

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Rumah Jurnal Ilmiah (RJI) IAIS Sambas ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi guru-guru si yayasan Sulthoniyah Sambas, Kabupaten Sambas. Kegiatan ini dilaksanakan hari Sabtu tanggal 23 September 2023, diikuti 30 orang guru Sekolah Menengah Pertama di Yayasan Sulthoniyah, Sambas, Kabupaten Sambas. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan profesionalisme guru dangan menulis karya tulis ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis lapangan sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan ceramah. Analisis data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan hasil dari penelitian ini adalah menemukan bahwa bayak dari guru yang ada yayasan sulthoniah yang belum memahami tentang membuat karya tulis ilmiah yang luarnnya di terbitkan di jurnal nasional. Karena karya tulis ilmiah yang penting bagi guru untuk pengembangan karir dan kenaikan golongan atau jabatan profesi.

References

Aprisal, A., Arifin, S., & Nurhidayah, N. (2022). Penguatan Kompetensi Guru Dan Mahasiswa Calon Guru Menghasilkan Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 2(1), 53-60. https://doi.org/10.29303/interaktif.v2i1.51.

Dianto, I. (2019). Penulisan Ilmiah Murni dan Populer (Teori dan Praktik). Al-Mau'izhah: Jurnal Ilmu Keislaman dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1), 85-101. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/AlMauizhah/article/view/1690.

Effendi, E., Alfina, S., Mutahar, L. F., Lubis, C. A., & Amelia, R. N. (2022). Stuktur Menulis Artikel Ilmiah. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 281-286. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4913.

Eliza, D., Sriandila, R., Fitri, D. A. N., & Yenti, S. (2022). Membangun Guru yang Profesional melalui Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Penerapan Profesinya. Jurnal Basicedu, 6(3), 5362-5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2878.

Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru-guru Sekolah Dasar untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70-77. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2602.

Hermawan, I. (2019). Teknik menulis karya ilmiah berbasis aplikasi dan metodologi. Jakarta, Hidayatul Quran.

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47-53. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128.

Mediatati, N. ., & Jati, D. H. P. . (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Karya Ilmiah Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 155–159. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.61289.

Muizzuddin, M. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal kependidikan, 7(1), 127-140. https://doi.org/10.24090/jk.v7i1.2957.

Permatasari, R., Saputri, L. D., & Septiadi, W. (2022). Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Di Nanga Pinoh. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 327-337. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i3.140.

Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan metode simpang tegar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan PTK dan artikel ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365-375. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3016.

Published
2024-01-29