Pendampingan Soliditas Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dalam Bingkai Meningkatkan Moderasi Beragama di Desa Prigi Gedung Jati
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang tentang peningkatan perilaku soliditas berbangsa dan bernegara dalam bingkai moderasi beragama di Desa Prigi kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan, oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang, kemudian dilakukan oleh peneliti dari Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang adalah sebuah pendampingan kepada masyarakat terkait moderasi beragama, dimulai dari memahamkan masyarakat, memotivasi masyarakat, dan menggunakan kesempatan komunikasi dalam moderasi beragama. Keragaman dalam keberagamaan di masyarakat perlu ditingkatkan pada soliditas dalam berbangsa dan bernegara dalam bingkai moderasi beragama, karena di desa tersebut terdiri banyak agama di antaranya Islam, Kristen, Hindu Buda,maka perlu digiatkan dalam Soliditas Berbangsa dan Berbangsa dalam bingkai moderasi beragama. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode problem solving, diawali dengan observasi, mengidentifikasi masalah, dan mencarikan solusi. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan metode pengumpulan data dengan teknik wawancara yang mewawancarai kepala desa, peangkat dan masyarakat, observasi pada kegiatan masyarakat, dan studi dokumen yang ada pada kegiatan masyarakat. Dilanjutkan analisis data menggunakan Miles and Huberman, dengan bentuk reduksi data yang mengumpulkan data penting dan valid serta dapat dipertanggung jawabkan, display data yang menampilkan data penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari pengabdian masyarakat, verifikasi merupakan menverifikasi data dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang telah direduksi, pengambilan kesimpulan merupakan pengambilan benang merah pada hasil simpulan pada penelitian. Kemudian diadakan sebuah forum untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat sekaligus mendidik, memotivasi, memahamkan dan mengkader mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang di sebuah Desa Prigi Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah.
References
Dan, P., & Dalam, M. (2016). Pluralisme dan multikulturalisme dalam perspektif kerukunan antar umat beragama. 9(1), 15–23.
Dr. HM. Zainuddin, M. (2013). SOLUSI MENCEGAH KONFLIK ANTARUMAT BERAGAMA. Https://Uin-Malang.Ac.Id/r/131101/Solusi-Mencegah-Konflik-Antarumat-Beragama.Html. https://uin-malang.ac.id/r/131101/solusi-mencegah-konflik-antarumat-beragama.html
Fatkhuronji, M., Maskur, Dekawati, A., Khayanti, E., Anwar, M. K., Muhlis, M. A., Haq, M., & Maskur. (2023). Model Program Pendampingan Belajar di Rumah Bagi Siswa MI Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 ing Author Era New Normal merupakan awal dari normalnya situasi setelah adanya Pandemi. 1(1), 1–8.
Irnawati, Zaman, A. Q., & Budi L, B. (2022). Pencegahan Radikalisme Melalui Implementasi Moderasi Beragama di Desa Kebaron Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, II(1), 157–164.
Manullang, S. (2014). Konflik Agama Dan Pluralisme Agama Di Indonesia. Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 4(1), 99–120.
Maskur. (2019). Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2716
Martanti, F., Fatkhuronji, M., Husna, A., & Maskur. (2023). Improving Student Well-Being Aspects through Teacher’s Instructional Creativity in Islamic Elementary School. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 15(2), 215–242. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v15i2.383
Martanti, F., Fatkhuronji, M., & Maskur, M. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Aalamin melalui Pembelajaran Projek Kearifan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(1), 47–60. https://doi.org/10.35878/guru.v4i1.1090
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190
Maskur, Anwar, M. K., & Trianah. (2021). Pengembangan Model Perkuliahan Berbasis Presentasi Youtube Prodi PGMI dan STAI WS Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Magistra, 12(2), 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs
Maskur, M. (2019). Seni Baca Al-Quran: Metode Efektif Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits. Quality, 7(2), 100. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5783
Maskur, M. S. (2021). Program Pendampingan PEMBELAJARAN DARING DI MASA New Normal Pasca Pandemi covid 19 di MI (M. A. M Arief Htullah (ed.); I). Maduku.
Mu, A., Chintia, G., & Sari, P. N. (2023). Edukasi Pencegahan Penipuan Online Berbasis Sosial Media di Desa Mekarwangi. 3(2).
Ozzay, S. (2022). Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Melaboh Kabupaten Aceh Barat. 72. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21869/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21869/1/Syahrul Ozzay%2C 361303545%2C FUF%2C SA%2C 085359391038.pdf
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif (E. Suherman (ed.); 1st ed., Issue 112). Dafa Media.
Rudi, L. (2019). Pesan Damai dari Desa Suka Damai. Kementrian Agama, modeasi beragama.
Sinaga, M. L. (2022). Moderasi Beragama : Sikap Dan Ekspresi Publik Mutakhir Agama-Agama Di Indonesia. Masyarakat Dan Budaya, 24(3), 333–344. https://doi.org/10.55981/jmb.1821
Skills, L., Training, E., Santri, F. O. R., & Islamic, I. N. (2015). Life Skills Education Training for Santri in Islamic Boarding School. The Journal of Educational Development, 3(2), 106–114.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono & Mitha, 2020. (2020). Teknik Analisis Data Kuantitatif. Teknik Analisis, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf
Sukamto, A. (2013). Ketegangan Antar Kelompok Agama pada Masa Orde Lama sampai Awal Orde Baru. Indonesian Journal of Theology, 1(1), 25–47. https://doi.org/10.46567/ijt.v1i1.90
Sulthon, M., & Suherman, E. (2023). Pentingnya Kontekstualisasi Matan Hadist Menggunakan Metode Hermeneutika. 8(2), 19–24. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Al-Muttaqin/article/view/1711
Susanti, E. (n.d.). PERANAN KAHAR MUZAKKAR DALAM PEMBERONTAKAN DI/TII DI SULAWESI SELATAN.
Tajrid, A. (2012). Kebenaran Hegemonik Agama. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 193. https://doi.org/10.21580/ws.20.1.190
. M. (2019). Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2716
Dan, P., & Dalam, M. (2016). Pluralisme dan multikulturalisme dalam perspektif kerukunan antar umat beragama. 9(1), 15–23.
Dr. HM. Zainuddin, M. (2013). SOLUSI MENCEGAH KONFLIK ANTARUMAT BERAGAMA. Https://Uin-Malang.Ac.Id/r/131101/Solusi-Mencegah-Konflik-Antarumat-Beragama.Html. https://uin-malang.ac.id/r/131101/solusi-mencegah-konflik-antarumat-beragama.html
Fatkhuronji, M., Maskur, Dekawati, A., Khayanti, E., Anwar, M. K., Muhlis, M. A., Haq, M., & Maskur. (2023). Model Program Pendampingan Belajar di Rumah Bagi Siswa MI Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 ing Author Era New Normal merupakan awal dari normalnya situasi setelah adanya Pandemi. 1(1), 1–8.
Irnawati, Zaman, A. Q., & Budi L, B. (2022). Pencegahan Radikalisme Melalui Implementasi Moderasi Beragama di Desa Kebaron Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, II(1), 157–164.
Manullang, S. (2014). Konflik Agama Dan Pluralisme Agama Di Indonesia. Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 4(1), 99–120.
Martanti, F., Fatkhuronji, M., Husna, A., & Maskur. (2023). Improving Student Well-Being Aspects through Teacher’s Instructional Creativity in Islamic Elementary School. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 15(2), 215–242. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v15i2.383
Martanti, F., Fatkhuronji, M., & Maskur, M. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Aalamin melalui Pembelajaran Projek Kearifan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(1), 47–60. https://doi.org/10.35878/guru.v4i1.1090
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190
Maskur, Anwar, M. K., & Trianah. (2021). Pengembangan Model Perkuliahan Berbasis Presentasi Youtube Prodi PGMI dan STAI WS Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Magistra, 12(2), 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs
Maskur, M. (2019). Seni Baca Al-Quran: Metode Efektif Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits. Quality, 7(2), 100. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5783
Maskur, M. S. (2021). Program Pendampingan PEMBELAJARAN DARING DI MASA New Normal Pasca Pandemi covid 19 di MI (M. A. M Arief Htullah (ed.); I). Maduku.
Mu, A., Chintia, G., & Sari, P. N. (2023). Edukasi Pencegahan Penipuan Online Berbasis Sosial Media di Desa Mekarwangi. 3(2).
Ozzay, S. (2022). Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Melaboh Kabupaten Aceh Barat. 72. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21869/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21869/1/Syahrul Ozzay%2C 361303545%2C FUF%2C SA%2C 085359391038.pdf
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif (E. Suherman (ed.); 1st ed., Issue 112). Dafa Media.
Rudi, L. (2019). Pesan Damai dari Desa Suka Damai. Kementrian Agama, modeasi beragama.
Sinaga, M. L. (2022). Moderasi Beragama : Sikap Dan Ekspresi Publik Mutakhir Agama-Agama Di Indonesia. Masyarakat Dan Budaya, 24(3), 333–344. https://doi.org/10.55981/jmb.1821
Skills, L., Training, E., Santri, F. O. R., & Islamic, I. N. (2015). Life Skills Education Training for Santri in Islamic Boarding School. The Journal of Educational Development, 3(2), 106–114.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono & Mitha, 2020. (2020). Teknik Analisis Data Kuantitatif. Teknik Analisis, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf
Sukamto, A. (2013). Ketegangan Antar Kelompok Agama pada Masa Orde Lama sampai Awal Orde Baru. Indonesian Journal of Theology, 1(1), 25–47. https://doi.org/10.46567/ijt.v1i1.90
Sulthon, M., & Suherman, E. (2023). Pentingnya Kontekstualisasi Matan Hadist Menggunakan Metode Hermeneutika. 8(2), 19–24. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Al-Muttaqin/article/view/1711
Susanti, E. (n.d.). PERANAN KAHAR MUZAKKAR DALAM PEMBERONTAKAN DI/TII DI SULAWESI SELATAN.
Tajrid, A. (2012). Kebenaran Hegemonik Agama. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 193. https://doi.org/10.21580/ws.20.1.190
Copyright (c) 2024 Maskur Maskur, Maskuri Maskuri, M. Arief Hidayatulloh, Moch. Fatkhuronji, Nabila Nabila, Arifana Nur Choliq, Abdul Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.