Pendampingan Soliditas Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dalam Bingkai Meningkatkan Moderasi Beragama di Desa Prigi Gedung Jati

  • Maskur Maskur STAI Walisembilan Semarang
  • Maskuri Maskuri STAI Walisembilan Semarang
  • M. Arief Hidayatulloh STAI Walisembilan Semarang
  • Moch. Fatkhuronji STAI Walisembilan Semarang
  • Nabila Nabila STAI Walisembilan Semarang
  • Arifana Nur Choliq UIN Walisongo Semarang
  • Abdul Hakim STAI Walisembilan Semarang
Keywords: Pengabdian masyarakat, moderasi beragama, meningkatkan ukhwah watoniyah

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang tentang peningkatan perilaku soliditas berbangsa dan bernegara dalam bingkai moderasi beragama di Desa Prigi kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan, oleh Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang, kemudian dilakukan oleh peneliti dari Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang adalah sebuah pendampingan kepada masyarakat terkait moderasi beragama, dimulai dari memahamkan masyarakat, memotivasi masyarakat, dan menggunakan kesempatan komunikasi dalam moderasi beragama. Keragaman dalam keberagamaan di masyarakat perlu ditingkatkan pada soliditas dalam berbangsa dan bernegara dalam bingkai moderasi beragama, karena di desa tersebut terdiri banyak agama di antaranya Islam, Kristen, Hindu Buda,maka perlu digiatkan dalam Soliditas Berbangsa dan Berbangsa dalam bingkai moderasi beragama. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode problem solving, diawali dengan observasi, mengidentifikasi masalah, dan mencarikan solusi. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan metode pengumpulan data dengan teknik wawancara yang mewawancarai kepala desa, peangkat dan masyarakat, observasi pada kegiatan masyarakat, dan studi dokumen yang ada pada kegiatan masyarakat. Dilanjutkan analisis data menggunakan Miles and Huberman, dengan bentuk reduksi data yang mengumpulkan data penting dan valid serta dapat dipertanggung jawabkan, display data yang menampilkan data penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari pengabdian masyarakat, verifikasi merupakan menverifikasi data dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang telah direduksi, pengambilan kesimpulan merupakan pengambilan benang merah pada hasil simpulan pada penelitian. Kemudian diadakan sebuah forum untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat sekaligus mendidik, memotivasi, memahamkan dan mengkader mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Walisembilan Semarang di sebuah Desa Prigi Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah.

References

Dan, P., & Dalam, M. (2016). Pluralisme dan multikulturalisme dalam perspektif kerukunan antar umat beragama. 9(1), 15–23.

Dr. HM. Zainuddin, M. (2013). SOLUSI MENCEGAH KONFLIK ANTARUMAT BERAGAMA. Https://Uin-Malang.Ac.Id/r/131101/Solusi-Mencegah-Konflik-Antarumat-Beragama.Html. https://uin-malang.ac.id/r/131101/solusi-mencegah-konflik-antarumat-beragama.html

Fatkhuronji, M., Maskur, Dekawati, A., Khayanti, E., Anwar, M. K., Muhlis, M. A., Haq, M., & Maskur. (2023). Model Program Pendampingan Belajar di Rumah Bagi Siswa MI Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 ing Author Era New Normal merupakan awal dari normalnya situasi setelah adanya Pandemi. 1(1), 1–8.

Irnawati, Zaman, A. Q., & Budi L, B. (2022). Pencegahan Radikalisme Melalui Implementasi Moderasi Beragama di Desa Kebaron Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, II(1), 157–164.

Manullang, S. (2014). Konflik Agama Dan Pluralisme Agama Di Indonesia. Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 4(1), 99–120.

Maskur. (2019). Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2716

Martanti, F., Fatkhuronji, M., Husna, A., & Maskur. (2023). Improving Student Well-Being Aspects through Teacher’s Instructional Creativity in Islamic Elementary School. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 15(2), 215–242. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v15i2.383

Martanti, F., Fatkhuronji, M., & Maskur, M. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Aalamin melalui Pembelajaran Projek Kearifan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(1), 47–60. https://doi.org/10.35878/guru.v4i1.1090

Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190

Maskur, Anwar, M. K., & Trianah. (2021). Pengembangan Model Perkuliahan Berbasis Presentasi Youtube Prodi PGMI dan STAI WS Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Magistra, 12(2), 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs

Maskur, M. (2019). Seni Baca Al-Quran: Metode Efektif Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits. Quality, 7(2), 100. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5783

Maskur, M. S. (2021). Program Pendampingan PEMBELAJARAN DARING DI MASA New Normal Pasca Pandemi covid 19 di MI (M. A. M Arief Htullah (ed.); I). Maduku.

Mu, A., Chintia, G., & Sari, P. N. (2023). Edukasi Pencegahan Penipuan Online Berbasis Sosial Media di Desa Mekarwangi. 3(2).

Ozzay, S. (2022). Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Melaboh Kabupaten Aceh Barat. 72. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21869/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21869/1/Syahrul Ozzay%2C 361303545%2C FUF%2C SA%2C 085359391038.pdf

Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif (E. Suherman (ed.); 1st ed., Issue 112). Dafa Media.

Rudi, L. (2019). Pesan Damai dari Desa Suka Damai. Kementrian Agama, modeasi beragama.

Sinaga, M. L. (2022). Moderasi Beragama : Sikap Dan Ekspresi Publik Mutakhir Agama-Agama Di Indonesia. Masyarakat Dan Budaya, 24(3), 333–344. https://doi.org/10.55981/jmb.1821

Skills, L., Training, E., Santri, F. O. R., & Islamic, I. N. (2015). Life Skills Education Training for Santri in Islamic Boarding School. The Journal of Educational Development, 3(2), 106–114.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono & Mitha, 2020. (2020). Teknik Analisis Data Kuantitatif. Teknik Analisis, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf

Sukamto, A. (2013). Ketegangan Antar Kelompok Agama pada Masa Orde Lama sampai Awal Orde Baru. Indonesian Journal of Theology, 1(1), 25–47. https://doi.org/10.46567/ijt.v1i1.90

Sulthon, M., & Suherman, E. (2023). Pentingnya Kontekstualisasi Matan Hadist Menggunakan Metode Hermeneutika. 8(2), 19–24. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Al-Muttaqin/article/view/1711

Susanti, E. (n.d.). PERANAN KAHAR MUZAKKAR DALAM PEMBERONTAKAN DI/TII DI SULAWESI SELATAN.

Tajrid, A. (2012). Kebenaran Hegemonik Agama. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 193. https://doi.org/10.21580/ws.20.1.190

. M. (2019). Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Madrasah Ibtidaiyah. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1). https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2716

Dan, P., & Dalam, M. (2016). Pluralisme dan multikulturalisme dalam perspektif kerukunan antar umat beragama. 9(1), 15–23.

Dr. HM. Zainuddin, M. (2013). SOLUSI MENCEGAH KONFLIK ANTARUMAT BERAGAMA. Https://Uin-Malang.Ac.Id/r/131101/Solusi-Mencegah-Konflik-Antarumat-Beragama.Html. https://uin-malang.ac.id/r/131101/solusi-mencegah-konflik-antarumat-beragama.html

Fatkhuronji, M., Maskur, Dekawati, A., Khayanti, E., Anwar, M. K., Muhlis, M. A., Haq, M., & Maskur. (2023). Model Program Pendampingan Belajar di Rumah Bagi Siswa MI Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 ing Author Era New Normal merupakan awal dari normalnya situasi setelah adanya Pandemi. 1(1), 1–8.

Irnawati, Zaman, A. Q., & Budi L, B. (2022). Pencegahan Radikalisme Melalui Implementasi Moderasi Beragama di Desa Kebaron Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, II(1), 157–164.

Manullang, S. (2014). Konflik Agama Dan Pluralisme Agama Di Indonesia. Jurnal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 4(1), 99–120.

Martanti, F., Fatkhuronji, M., Husna, A., & Maskur. (2023). Improving Student Well-Being Aspects through Teacher’s Instructional Creativity in Islamic Elementary School. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 15(2), 215–242. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v15i2.383

Martanti, F., Fatkhuronji, M., & Maskur, M. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Aalamin melalui Pembelajaran Projek Kearifan Lokal di Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(1), 47–60. https://doi.org/10.35878/guru.v4i1.1090

Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190

Maskur, Anwar, M. K., & Trianah. (2021). Pengembangan Model Perkuliahan Berbasis Presentasi Youtube Prodi PGMI dan STAI WS Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Magistra, 12(2), 120–133. https://doi.org/10.31942/mgs

Maskur, M. (2019). Seni Baca Al-Quran: Metode Efektif Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits. Quality, 7(2), 100. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5783

Maskur, M. S. (2021). Program Pendampingan PEMBELAJARAN DARING DI MASA New Normal Pasca Pandemi covid 19 di MI (M. A. M Arief Htullah (ed.); I). Maduku.

Mu, A., Chintia, G., & Sari, P. N. (2023). Edukasi Pencegahan Penipuan Online Berbasis Sosial Media di Desa Mekarwangi. 3(2).

Ozzay, S. (2022). Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Melaboh Kabupaten Aceh Barat. 72. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21869/%0Ahttps://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21869/1/Syahrul Ozzay%2C 361303545%2C FUF%2C SA%2C 085359391038.pdf

Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif (E. Suherman (ed.); 1st ed., Issue 112). Dafa Media.

Rudi, L. (2019). Pesan Damai dari Desa Suka Damai. Kementrian Agama, modeasi beragama.

Sinaga, M. L. (2022). Moderasi Beragama : Sikap Dan Ekspresi Publik Mutakhir Agama-Agama Di Indonesia. Masyarakat Dan Budaya, 24(3), 333–344. https://doi.org/10.55981/jmb.1821

Skills, L., Training, E., Santri, F. O. R., & Islamic, I. N. (2015). Life Skills Education Training for Santri in Islamic Boarding School. The Journal of Educational Development, 3(2), 106–114.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono & Mitha, 2020. (2020). Teknik Analisis Data Kuantitatif. Teknik Analisis, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf

Sukamto, A. (2013). Ketegangan Antar Kelompok Agama pada Masa Orde Lama sampai Awal Orde Baru. Indonesian Journal of Theology, 1(1), 25–47. https://doi.org/10.46567/ijt.v1i1.90

Sulthon, M., & Suherman, E. (2023). Pentingnya Kontekstualisasi Matan Hadist Menggunakan Metode Hermeneutika. 8(2), 19–24. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Al-Muttaqin/article/view/1711

Susanti, E. (n.d.). PERANAN KAHAR MUZAKKAR DALAM PEMBERONTAKAN DI/TII DI SULAWESI SELATAN.

Tajrid, A. (2012). Kebenaran Hegemonik Agama. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 20(1), 193. https://doi.org/10.21580/ws.20.1.190

Published
2024-08-27