Pelatihan Digital Marketing dengan Model Bisnis AIDA (Attention, Desire, Interest, Action) untuk Pengembangan UMKM Konveksi di Kampung Konveksi Rowosari Ulujami Pemalang
Abstract
Kampung Konveksi Rowosari dikenal sebagai salah satu pusat UMKM konveksi yang berkontribusi besar terhadap perekonomian lokal. Namun, adanya pasar digital yang berkembang pesat mengakibatkan banyak UMKM di kawasan ini mengalami kemunduran signifikan. Rendahnya pengetahuan pemasaran digital menjadi salah satu penyebab utama sulitnya pelaku usaha bersaing. Oleh karenanya, program pengabdian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha konveksi melalui pelatihan Digital Marketing berbasis Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Metode pengabdian meliputi ceramah, diskusi, dan praktik langsung. Peserta diberikan pemahaman tentang konsep AIDA, strategi membangun kepercayaan konsumen, serta teknik pembuatan konten promosi menarik melalui media sosial, khususnya TikTok. Pelatihan ini dilaksanakan selama beberapa sesi dengan melibatkan 60 pelaku usaha. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam merancang strategi pemasaran digital, membuat akun toko online, dan menghasilkan konten promosi berbasis AIDA. Peserta juga mengapresiasi pelatihan ini sebagai solusi atas masalah penurunan omset usaha. Sebagai proses keberlanjutan, program dirancang melalui pembentukan grup komunikasi WhatsApp untuk mendukung pendampingan dan pengembangan usaha berbasis digital. Program ini tidak hanya membantu pelaku usaha dalam memanfaatkan peluang digital, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dengan menciptakan pemasaran yang lebih luas dan memperkuat ketahanan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
References
Anastasya, A. (2023). Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia
Effendi, B., Ardiansyah, H., Saifudin, A. G., Isa, M., Shilla, R. A., & Arisandi, D. (2022). Inkubasi Wirausaha Sebagai Upaya Peningkatan Skill Digital Marketing Bagi Mahasiswa Dan Alumni. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat FORDICATE, 2(1), 1–8.
Effendi, B., & Ghofar Saifudin, A. (2022). Optimalisasi Fungsi Masjid Sebagai Sarana Dakwah dan Pemberdayaan Ekonomi Umat. JIEF : Journal of Islamic Economics and Finance, 2(2), 12–23. https://doi.org/10.28918/jief.v2i2.5989
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). PENERAPAN INTERNET MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM. JPPM, 3(1).
Hendiana, R., Fauzi S.E.,M.M, D. A., Permana S.T., M.Kom, D. S., Zahra, F., Ramadhona, H., Prihatini, R. F., & Wijayanti, E. (2022). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, PERAN PENGGUNAAN E-COMMERCE, KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP VOLUME PENJUALAN UMKM PADA MASA PANDEMI DAN PASCA PANDEMI COVID 19. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(3). https://doi.org/10.56127/jaman.v2i3.338
Lukita, C., Pranata, S., & Magdalena, L. (2023). Perubahan Bisnis Online di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Kegiatan UMKM di Kota Cirebon). ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(1). https://doi.org/10.34306/abdi.v4i1.942
Nasir, M., Basalamah, J., Halim, A., & Kusuma, P. (2019). Kegiatan E-Marketing sebagai bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar. 1(April), 2–8.
Pertiwi, S. N., Pardian, P., Trimo, L., & Sadeli, A. H. (2021). EFEKTIVITAS IKLAN PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KOJAMA SHOP DENGAN PENDEKATAN AIDA MODEL ADVERTISING EFFECTIVENESS IN SOCIAL MEDIA INSTAGRAM KOJAMA SHOP WITH AIDA MODEL APPROACH. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1).
Pratama, I. A., & Setyarini, T. (2023). Analisis Efektivitas Promosi Pada Media Sosial Instagram PT. Sejahtera Wahana Gemilang Surabaya Ilvan. Journal of Engineering Research, 6, 354–366.
Riska Amelia, & Yuwita, N. (2023). Analisis Digital Marketing Live Tiktok Shop @Tantelalapunyacerita Sebagai New Media Promotion di Era Disrupsi Menggunakanpendekatan Model Aida. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2). https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i2.1039
Copyright (c) 2024 Bahtiar Effendi, Muhammad Isa Anshory

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.