Pelatihan Notasi dan Teori Dasar Musik bagi Siswa SMP dan MTs Se-Kabupaten Jayapura
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan mengembangkan kemampuan mendasar dalam mempelajarasi Notasi dan Teori dasar Musik bagi Siswa SMP di Kabupaten Jayapura. Pelatihan ini dilaksanakan mengingat pemahaman dasar Notasi merupakan komponen utama yang harus dipahami dalam pembelajaran seni musik. Namun fakta di lapangan, menunjukkan bahwa kebanyakan Siswa SMP masih minim dalam penguasaan notasi dan teori dasar Musik. Minimnya pengetahuan ini berimplikasi pada kesulitaan siswa dalam mempelajari Mata Pelajaran Seni terutama Seni Musik, sehingga siswa sulit untuk memahami lagu-lagu yang diberikan, cenderung hanya menguasai lagu yang sudah ada, siswa sulit untuk berkreasi dengan ide sendiri dalam memahami Pembelajaran Seni Musik. Sebagai perwujudan nilai Moderasi Beragama Pengabdian masyarakat ini melibatkan Siswa SMP dari berbagai kalangan, meliputi perwakilan Kristen, perwakilan Katolik, Perwakilan Islam, Perwakilan Hindu dan Perwakilan Buddha. Hasil dari pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman Siswa SMP terhadap notasi musik dan teori dasar musik. Antusiasme, Motivasi dan Keaktifan para Siswa SMP dalam mengikuti pelatihan terlihat melalui serangkaian praktik dan latihan berulang pada peserta. Pemahaman mulai meningkat terhadap Notasi dan Teori Dasar Musik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini berpotensi untuk memperluas kreativitas dan pemahaman Siswa SMP terhadap pembelajaran Seni Musik.
References
Amalia, M. S., Ulfa, S., & Soepriyanto, Y. (2020). Multimedia tutorial berbasis android untuk memudahkan siswa memahami materi mengenal notasi balok kelas X seni musik. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 59-67.
Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo.
Firduansyah, D., Lontoh, W., Kusnanto, R. A. B., & Pestalozy, D. (2023). PELATIHAN MEMBACA NOTASI BALOK PADA KELOMPOK PADUAN SUARA UNPARI CHOIRS. PKM Linggau: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1-6.
Hakim, Thrusan (2006). Lagu-lagu Daerah Dalam Permainan Gitar Pop Klasik. Jakarta: Kawan Pustaka
Hidayatullah, R. (2021). Solfegio: Sebuah pengantar teori musik.
Haumahu, J. P. (2019). Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Pengenalan Pola Notasi Balok Menggunakan Metode Backpropagation. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 6(3), 255-259.
Istifadah, Istifadah, et al. "Pelatihan Mencipta Lagu Sederhana untuk Mengembangkan Kreatifitas Guru Pendidikan Anak Usia Dini." Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5.1 (2024): 366-378.
Musyrifin, I. M. M., Fawwaz, M. F. A., Maesaroh, I., & Jubba, H. (2022). Upaya Perwujudan Moderasi Beragama Di Kalangan Siswa Melalui Buku Teks. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(2), 315-332.
Kabanga, L., Malatuny, Y. G., Siahaan, D. S., & Pardomuan, G. N. (2024). Building Solidarity And Tolerance: Conflict Mitigation Through Religious Moderation Villages Assisted by Stakpn-Sentani in Entrop-Jayapura Subdistrict. Abdi Masyarakat, 6(1), 33-41.
ROHMAWATI, A. S. (2023). TOLERANSI DALAM MODERASI BERAGAMA SEBAGAI PERWUJUDAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM WASATHIYAH DI TENGAH MASYARAKAT DESAMOJOREJO KEDUNGADEM BOJONEGORO (Doctoral dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri).
Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif seni musik untuk siswa smp. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 153-164.
Sinaga, F. S. H. S., & Winangsit, E. (2019). PENULISAN NOTASI ANGKA MENGGUNAKAN PARNUMATION 3.0 SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA ERA DISRUPSI BAGI GURU SENI BUDAYA DI KABUPATEN SOLOK. ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora, 1(1), 27-34.
Siswanto, S., & Firmansyah, F. (2018). Pemahaman metrik dalam membaca notasi balok. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 3(3).
Yudha, K. D., & Lumbantoruan, J. (2020). Hubungan Hasil Belajar Teori Musik Dasar Dan Praktek Instrumen Perkusi Di Jurusan Sendratasik. Jurnal Sendratasik, 9(3), 37-44.
Copyright (c) 2024 Cosye M. Sahureka, Gusti Nyoman Pardomuan, Wouter Fangohoy. K K

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.