Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menyiapkan Media Pembelajaran Interaktif dengan Articulate Storyline

  • Anyan STKIP Persada Khatulistiwa
  • Antonius Edy Setyawan STKIP Persada Khatulistiwa
  • Trisia Olivia STKIP Persada Khatulistiwa
Keywords: Articulate Storyline, Media Pembelajaran Interaktif, Peningkatan Keterampilan Guru

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Articulate Storyline guna menciptakan media pembelajaran interaktif. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 48 Lepung Beruang, sebuah sekolah di wilayah 3T, yang menghadapi tantangan dalam akses teknologi informasi. Tahapan dan metode kegiatan pengabdian ini meliputi; pemberian materi dengan ceramah dan diskusi berkaitan konsep pemahaman multimedia interaktif dalam pembelajaran, memberikan simulasi dan praktek mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif, memberikan evaluasi dan refleksi kegiatan berupa angket respon dan pemahaman materi pelatihan serta evaluasi kegiatan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan kompetensi peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kepercayaan diri guru dalam menggunakan Articulate Storyline dari 74,74% menjadi 81,05%, kemampuan menggunakan fitur animasi dari 36,84% menjadi 77,89%, dan pemanfaatan media interaktif dari 63,16% menjadi 84,21%. Rata-rata tingkat kepuasan peserta mencapai 92,11%, dengan kualitas fasilitator mendapat apresiasi tertinggi sebesar 94,74%. Kesimpulannya, pelatihan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan profesional guru dan literatur pendidikan teknologi, sekaligus menjadi model implementasi pelatihan berbasis teknologi untuk guru di daerah terpencil.

References

Al-Ali, S. (2023). Managing Stress and Its Consequences During Covid-19, The College of Technological Studies, Kuwait. Journal of Curriculum and Teaching, 12(1), 1. https://doi.org/10.5430/jct.v12n1p1

Gunawan, G., Harjono, A., Herayanti, L., & Husein, S. (2019). Problem-based learning approach with supported interactive multimedia in physics course: its effects on critical thinking disposition. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1075-1089. https://doi.org/10.17478/jegys.627162

Hosny, S., Ghaly, M., AlSheikh, M., Shehata, M., Salem, A., & Atwa, H. (2021). Developing, validating, and implementing a tool for measuring the readiness of medical teachers for online teaching post-covid-19: a multicenter study. Advances in Medical Education and Practice, Volume 12, 755-768. https://doi.org/10.2147/amep.s317029

Hutchison, A. and Woodward, L. (2013). A planning cycle for integrating digital technology into literacy instruction. The Reading Teacher, 67(6), 455-464. https://doi.org/10.1002/trtr.1225

Kurniawan, A. and Wulandari, R. (2022). Development of learning media for running game variations packaged in Articulate Storyline. Competitor Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 14(3), 351. https://doi.org/10.26858/cjpko.v14i3.35708

Martin, F., Budhrani, K., Kumar, S., & Ritzhaupt, A. (2019). Award-winning faculty online teaching practices: roles and competencies. Online Learning, 23(1). https://doi.org/10.24059/olj.v23i1.1329

Rahmadhani, E. (2023). The media spedatua of human circulatory system based on Articulate Storyline to improve primary school science learning outcomes. International Journal of Research and Review, 10(10), 182-191. https://doi.org/10.52403/ijrr.20231024

Ruslia, M. (2015). The effect of presentation variety of interactive multimedia learning to the learning result. International Journal of Computer Applications, 122(10), 7-12. https://doi.org/10.5120/21734-4921

Setiyawan, A., Suwahyo, S., Syafei, M. H. G., Nuur, H. J. F., Arizudin, D. F., & Abi Mahardika, F. (2024). Workshop Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Kejuruan Dengan Articulate Storyline. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 756-764. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1787

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami / Wiratna Sujarweni . Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sutrio, S. (2022). Development of physics e-learning with Articulate Storyline application to improve science process skills. Amplitudo Journal of Science & Technology Innovation, 2(1), 48-55. https://doi.org/10.56566/amplitudo.v2i1.86

Suwiantini, L., Jampel, I., & Astawan, I. (2021). Learn energy sources with interactive learning multimedia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 119. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.35000

Torres, A. (2023). Online teaching strategies: lessons learned from the transition to virtual classroom. Asia-Pacific Journal of Convergent Research Interchange, 9(6), 619-628. https://doi.org/10.47116/apjcri.2023.06.48

Viani, K. (2021). Exploring of efl online learning in implementation ramsden principle perspective at high senior school: case study. Journal of English Language Learning, 5(2). https://doi.org/10.31949/jell.v5i2.3356

Wahyuni, S., Ridlo, Z., & Rina, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap kemampuan berpikir kritis siswa smp pada materi tata surya. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 99-110. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624

Wulandari, D., Vivekanantharasa, R., & Fauzan, A. (2022). Clinical supervision's role in improving teachers' teaching skills in online learning. PIJED, 1(2), 211-218. https://doi.org/10.59175/pijed.v1i2.18

Wulandari, V., Aunurrahman, A., & Astuti, I. (2023). Analysis of android-based interactive multimedia needs analysis in learning biology in high school. Jpbio (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 134-141. https://doi.org/10.31932/jpbio.v8i1.2304

Záhorec, J., Hašková, A., Полякова, А., & Munk, M. (2021). Case study of the integration of digital competencies into teacher preparation. Sustainability, 13(11), 6402. https://doi.org/10.3390/su13116402

Published
2025-01-14