Peningkatan Keterampilan Guru dalam Menyiapkan Media Pembelajaran Interaktif dengan Articulate Storyline
Abstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Articulate Storyline guna menciptakan media pembelajaran interaktif. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri 48 Lepung Beruang, sebuah sekolah di wilayah 3T, yang menghadapi tantangan dalam akses teknologi informasi. Tahapan dan metode kegiatan pengabdian ini meliputi; pemberian materi dengan ceramah dan diskusi berkaitan konsep pemahaman multimedia interaktif dalam pembelajaran, memberikan simulasi dan praktek mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif, memberikan evaluasi dan refleksi kegiatan berupa angket respon dan pemahaman materi pelatihan serta evaluasi kegiatan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan kompetensi peserta. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kepercayaan diri guru dalam menggunakan Articulate Storyline dari 74,74% menjadi 81,05%, kemampuan menggunakan fitur animasi dari 36,84% menjadi 77,89%, dan pemanfaatan media interaktif dari 63,16% menjadi 84,21%. Rata-rata tingkat kepuasan peserta mencapai 92,11%, dengan kualitas fasilitator mendapat apresiasi tertinggi sebesar 94,74%. Kesimpulannya, pelatihan ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan profesional guru dan literatur pendidikan teknologi, sekaligus menjadi model implementasi pelatihan berbasis teknologi untuk guru di daerah terpencil.
References
Al-Ali, S. (2023). Managing Stress and Its Consequences During Covid-19, The College of Technological Studies, Kuwait. Journal of Curriculum and Teaching, 12(1), 1. https://doi.org/10.5430/jct.v12n1p1
Gunawan, G., Harjono, A., Herayanti, L., & Husein, S. (2019). Problem-based learning approach with supported interactive multimedia in physics course: its effects on critical thinking disposition. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(4), 1075-1089. https://doi.org/10.17478/jegys.627162
Hosny, S., Ghaly, M., AlSheikh, M., Shehata, M., Salem, A., & Atwa, H. (2021). Developing, validating, and implementing a tool for measuring the readiness of medical teachers for online teaching post-covid-19: a multicenter study. Advances in Medical Education and Practice, Volume 12, 755-768. https://doi.org/10.2147/amep.s317029
Hutchison, A. and Woodward, L. (2013). A planning cycle for integrating digital technology into literacy instruction. The Reading Teacher, 67(6), 455-464. https://doi.org/10.1002/trtr.1225
Kurniawan, A. and Wulandari, R. (2022). Development of learning media for running game variations packaged in Articulate Storyline. Competitor Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 14(3), 351. https://doi.org/10.26858/cjpko.v14i3.35708
Martin, F., Budhrani, K., Kumar, S., & Ritzhaupt, A. (2019). Award-winning faculty online teaching practices: roles and competencies. Online Learning, 23(1). https://doi.org/10.24059/olj.v23i1.1329
Rahmadhani, E. (2023). The media spedatua of human circulatory system based on Articulate Storyline to improve primary school science learning outcomes. International Journal of Research and Review, 10(10), 182-191. https://doi.org/10.52403/ijrr.20231024
Ruslia, M. (2015). The effect of presentation variety of interactive multimedia learning to the learning result. International Journal of Computer Applications, 122(10), 7-12. https://doi.org/10.5120/21734-4921
Setiyawan, A., Suwahyo, S., Syafei, M. H. G., Nuur, H. J. F., Arizudin, D. F., & Abi Mahardika, F. (2024). Workshop Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Kejuruan Dengan Articulate Storyline. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 756-764. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1787
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami / Wiratna Sujarweni . Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sutrio, S. (2022). Development of physics e-learning with Articulate Storyline application to improve science process skills. Amplitudo Journal of Science & Technology Innovation, 2(1), 48-55. https://doi.org/10.56566/amplitudo.v2i1.86
Suwiantini, L., Jampel, I., & Astawan, I. (2021). Learn energy sources with interactive learning multimedia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 119. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.35000
Torres, A. (2023). Online teaching strategies: lessons learned from the transition to virtual classroom. Asia-Pacific Journal of Convergent Research Interchange, 9(6), 619-628. https://doi.org/10.47116/apjcri.2023.06.48
Viani, K. (2021). Exploring of efl online learning in implementation ramsden principle perspective at high senior school: case study. Journal of English Language Learning, 5(2). https://doi.org/10.31949/jell.v5i2.3356
Wahyuni, S., Ridlo, Z., & Rina, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap kemampuan berpikir kritis siswa smp pada materi tata surya. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(2), 99-110. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624
Wulandari, D., Vivekanantharasa, R., & Fauzan, A. (2022). Clinical supervision's role in improving teachers' teaching skills in online learning. PIJED, 1(2), 211-218. https://doi.org/10.59175/pijed.v1i2.18
Wulandari, V., Aunurrahman, A., & Astuti, I. (2023). Analysis of android-based interactive multimedia needs analysis in learning biology in high school. Jpbio (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(1), 134-141. https://doi.org/10.31932/jpbio.v8i1.2304
Záhorec, J., Hašková, A., Полякова, А., & Munk, M. (2021). Case study of the integration of digital competencies into teacher preparation. Sustainability, 13(11), 6402. https://doi.org/10.3390/su13116402
Copyright (c) 2025 Anyan, Antonius Edy Setyawan, Trisia Olivia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.