Edukasi Bahasa Inggris Untuk Ibu-Ibu Majelis Ta’lim Al Kaustar Bisma Residence Kabupaten Landak Kalimantan Barat
Abstract
Masyarakat hari ini dihadapkan pada perkembangan teknologi yang begitu pesat, salah satunya adalah penggunaan gadget di segala bidang. Banyak masalah yang timbul dari aktivitas bermain bermain gadget ini. Namun disisi lain gadget juga bisa dimanfaatkan untuk belajar. Hal ini yang dilakukan oleh ibu-ibu Majelis Taklim Al Kaustar komplek Bisma Residence kabupaten Landak Kalimantan Barat. Pemberdayaan ibu-ibu Majelis Ta’lim ini dilakukan setelah selesai melakukan kajian Al Quran dan ceramah dari Ustandzah. Pengabdian Masyarakat ini dilakukan selama tiga bulan Oktober s/d Desember 2024. Pengabdian ini dilakukan dengan metode ceramah dan praktik. Adapun peserta kegiatan edukasi Bahasa Inggris ini bertujuan memberikan pengenalan Bahasa Inggris mulai Tingkat dasar dan menengah, karena para peserta majelis ini rata-rata berpendidikan Tingkat sarjana, hanya sebagian kecil dari peserta berpendidikan SMA sederajat. Permasalahan yang dihadapi ibu-ibu ini adalah kesulitan membantu Pekerjaan Rumah anak-anaknya dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka solusi yang diberikan dari kegiatan PKM Pembinaan ini adalah edukasi Bahasa Inggris Tingkat dasar dan menengah untuk Ibu-Ibu Majelis Ta’lim Al Kaustar. Dari kegiatan pengabdian diperoleh bahwa Ibu-Ibu peserta pengabdian bertambah pengetahuan mereka tentang Bahasa Inggris Tingkat dasar dan menengah yang berguna untuk membantu putra-putrinya jika mengalami kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris. Dari hasil kuesoner 71,4% setuju dan 28,6% sangat setuju kegiatan ini bermanfaat. Mereka merasakan manfaat dari kegiatan tersebut yang ditunjukkan dari respon positif selama kegiatan berlangsung.
References
Agustiana, V., Wulan Rahmatunisa, Endang Darsih, & Nida Amalia Asikin. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling Di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 159–164. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i6.212
Bhakti, S. O. W., & Marwanto, M. (2023). Pengenalan Kosa-Kata Bahasa Inggris dalam Pembuatan Makrame kepada Karyawan Cleaning Service Politeknik Negeri Samarinda. Jurnal Pemberdayaan Umat, 2(2), 61–67. https://doi.org/10.35912/jpu.v2i2.1532
Febriyanah, F. F., Mulyanah, S., & Firayanti, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sanggar Wuni Kreasi Di Kubangsaron, Kota Cilegon, Banten. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 6(2), 227. https://doi.org/10.32678/lbrmasy.v6i2.3693
Fitriani, S., & Ilyas, H. P. (2021). Teknik pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan untuk taman kanak-kanak. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 4(2), 259. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i2.10129
Made, N., Dwiyanti, C., & Majuarsa, I. W. (2020). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Berbasis Ekonomi Kreatif melalui Usaha Canang Sari di Desa Ababi Pasca Erupsi Gunung Agung. JURNAL PARADHARMA, 4(2), 87–96.
Maisarah, I., Rinaldi, R. S., & Bengkulu, U. (2023). Pkm Edukasi Bahasa Inggris Sarkasme Dalam Game Online Untuk Ibu-Ibu Paguyuban Ikatan Keluarga Besar Pangian Raya. 6, 248–253. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianbumir
Manullang, D. T., Situmoran, Y. F., Rajagukguk, F. J., & Siringoringo, W. L. (2024). PERANAN MAHASISWA PKM UHN MEDAN DALAM MENCIPTAKAN DESA BERSIH DAN MASYARAKAT CERDAS DI DESA BANJARAN RAYA KABUPATEN LANGKAT. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 2346–2352. https://doi.org/http://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.
Nopriadi1, Sestri Novia Rizki2, T. A. (2020). PKM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN TEKNOLOGI DAN PENGUASAAN BAHASA ASING DI DAERAH 3T (TERTINGGAL, TERLUAR DAN TERDEPAN) PADA MASYARAKAT PULAU LANCE BATAM. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 2, 25–31. http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro
Wanti, A. K., Manihuruk, H., Maryam, S., Istiyanto, B., Matondang, N., & Ridwan, R. (2023). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Usaha Ekonomi Kreatif Home Industri Rumah Tangga Melalui Digital Marketing. Ikra-Ith Abdimas, 7(3), 307–313. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v7i3.3061
Copyright (c) 2025 Tuminah, Iska Tri Handayani, Siti Nur Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.