KONSEP PENGELOLAAN DESAIN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • Noor Baiti Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Jl. Gubernur Sarkawi Lingkar Utara Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan
Keywords: Konsep, Pengelolaan, Lingkungan, PAUD

Abstract

Suasana atau lingkungan belajar yang kondusif akan berpengaruh pada proses belajar mengajar anak cenderung mendorong anak untuk belajar dengan tenang dan berkonsentrasi. Metode penelitian ini menggunakan literatur dengan mencari referensi teori relevan dengan kasus dan permasalahan yang ditemukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Konsep pengelolaan lingkungan pendidikan PAUD; Lingkungan yang mendorong dan membantu anak bereksplorasi, bereksperimen; memanipulasi benda dan alat main secara bermakna baik dalam kegiatan indoor atau outdoor.(2) Optimalisasi pemanfaatan lingkungan PAUD seperti lingkungan belajar indoor dalam penataan di dalam ruangan harus mem-perhatikan kebebasan anak bergerak dan lingkungan belajar outdoor ruang luar merupakan lingkungan belajar yang sangat menyenangkan bagi anak. Di ruang luar anak lebih bebas bergerak karena seharusnya ruang luar memfasilitasi perkembangan motorik kasar anak.

References

Chatib, M. 2012. Orangtuanya Manusia Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: Kaifa, PT Mizan Pustaka.
Djamara, B. S., & Zain, A. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Maman, R. 1997. Manajemen Kelas . Semarang: UPP Muara Bulian FKIP Universitas Jambi.
Rita, M. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Rajawalipress.
Suyadi. 2010. Management PAUD (TPA.KB.TK/RA) Mendirikan, Mengelola dan Mengembangkan Pendidikan AUD. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Syah, M. 2006. Islamic English : A Competency-based Reading Comprehension, Cetakan Ke-2. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiyani, N. A. 2017. Manajemen PAUD berdaya saing. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Published
2020-08-06
Section
Articles