PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR ANAK USIA DINI

  • Novi Cahya Dewi Dosen Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Strategi Pembelajaran, Edutainment, Kreativitas Belajar

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang subtansial dalam penanganannya bagi kebutuhan perkembangan untuk generasi penerus bangsa oleh karenya bagi pemerintah dan pendiri-pendiri lembaga lainnya yang berdiri sendiri seperti halnya sekolah-sekolah non formal maka keterlibatan dalam penanggung jawaban atas dasar keberhasilan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran edutainment dalam hal penerapannya yang mencakup proses, ide, konsep, kebijakan atau inovasi dalam suatu tindakan praktis yang dapat memberikan dampak, baik terhadap perubahan pengetahuan, keterampilan maupun nilai dan sikap. Tugas pendidik yang paling utama adalah mengkondisikan lingkungan belajar agar menunjang terjadinya perubahan perilaku bagi siswa. Proses pembelajaran mengembangkan tumbuh kembang siswa dalam hal aktivitas dan kreativitasnya, melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar secara optimal. Maka siswa akan lebih kreatif jika dikembangkan rasa percaya diri pada siswa, dan mengurangi rasa takut, memberi kesempatan pada seluruh siswa untuk berkomunikasi ilmiah secara bebas dan terarah, melibatkan dalam menentukan tujuan belajar dan evaluasinya, memberikan pengawasan yang tidak terlalu ketat dan tidak otoriter, melibatkan mereka secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran secara menyeleruh dan berkesinambungan.

 

References

Ahmadi, Abu & Supriono, 1991, Psikologi Belajar, Jakarta: Rinika Cipta.
Al-kholili, Ahmad Abdussalam, 2005, Mengembangkan ktreatifitas anak, Jakarta: Pustaka Al-kautsar.
Deporter, Bobbi. 2003, Quantum Teaching Memperaktekkan Quantum di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Dryden, Gordon dan Jeannette Vos, 2000, Revolusi cara belajar (the learning revolution) belajar akan efektif kalau anda dalam keadaan fun Bagian I keajaiban fikiran, Bandung: Kaifa.
Hamruni, 2009, Edutainment Dalam Pendidikan Islam dan teori-teori Pembelajaran Quantum, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Hill, Winfred F., 2009, Theories of Learning (teori-teori pembelajaran konsepsi, komparasi dan signifikansi), Bandung: Nusa Media.
Majah, Sunan Ibnu. Juz 1 Hadits no. 224. Bairut, Dar Al-kitab Al-Ilmiah, tt.
Marimba, Achmad. D, 1974, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif.
Meir, Dave, 2002, The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Kaifa.
Meller, John p., 1976, Humanizing The Classroom (Models Of Teaching In Affektif Education), New York: Praeger Publishers.
Mulyasa, 2003, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi, Bandung: PT, Remaja Rosdakarya.
Munandar, Utami, 2002, Kreatifitas Dan Keberbakatan (Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Dan Anak Berbakat). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nashori, Fuad & Rachmy Diana Mucharam, 2002, Mengembangkan kreativitas dalam perspektif Psikologi Islam, Yogyakarta: Menara Kudus.
Silberman, Melvin L., 2002, Aktive Learning (101 Strategies To Teacb Any Subject), (USA: Allyn& bacon, 1996). Terjemahkan oleh Sarjuli dkk, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sutrisno, 2005, Revolusi Pendidikan di Indonesia (Membedah Metode Dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi), Yokyakarta: Ar-Ruzz.
Suyadi, 2010, Psikologi Belajar Paud, Yogyakarta: PT. Insan Madani.
Syarifudin Nurdin, 2005, Model Pembelajaran Yang Memperhatikan Keberagaman Individu Siswa Dalam KBK, Jakarta: PT. Quantum Teaching.
Wycoff, Joyce, 2003, Menjadi Super Kreatif: Melalui Metode Pemitaan Pemikiran, Bandung: Kaifa.
Published
2020-08-06
Section
Articles