KONSELING PLAY THERAPY PADA ANAK SEKOLAH DASAR

  • Patriana Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Anak Sekolah Dasar, Konseling Play Therapy

Abstract

Anak sekolah dasar merupakan tahap kedua setelah periode anak usia dini. Walaupun samasama berada pada fase anak, kedua fase ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan baik dari segi fisik maupun mental. Pada masa anak-anak sekolah dasar keinginan berkelompok sudah sangat tinggi, sehingga pada fase ini membutuhkan penyesuaian diri yang baik. Konseling merupakan upaya yang dilakukan oleh konselor untuk membantu anak-anak dalam mengatasi permasalahan-permasalah yang mereka hadapi. Mengingat pada masa anak sekolah dasar ini juga masih diidentikkan dengan individu yang masih menyenangi permainan. Mereka masih senang berada di dunia yang penuh imajinasi. Mengingat hal itu, konseling Play Therapy dianggap tepat untuk membantu anak-anak yang berada disekolah dasar. Melalui bermain diharapkan bisa mengekspresikan perasaan perasaan mereka dengan baik sehingga mereka bisa menyesuaikan diri dan mampu berkembang secara optimal.

References

Eti, Nurhayati. 2011, Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gibson, Robert L & Marianne H Michell. 2011, Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gunarsa, Singgih D. 1979, Psikologi untuk Membimbing. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Hurlock, Elizabeth B. 2014, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Lawrence C. Rubin. 2007, Using Superheroes in Counseling and Play Therapy. New York: Springer Publishing Company.
Prayitno dan Erman Amti, 2013, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Rise VanFleet, Andrea E.Sywulak & Cynthia Caparosa Sniscak. 2010, Child-Center Play Therapy. New York: The Guilford Press. Suharyanto, Arbi. https://dosenpsikologi.com/jenis-terapi-bermain-pada-anak-usia-sekolah. Di akses pada tanggal 19 desember 2018 Winkel. W.S, 1991, Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Published
2020-05-15
Section
Articles