PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI
Abstract
Kualitas masa depan anak ditentukan oleh perkembangan dan pertumbuhan anak yang optimal. Perkembangan motorik anak akan lebih teroptimalkan jika lingkungan tempat tumbuh kembang anak mendukung anak untuk bergerak bebas. Stimulasi-stimulasi tersebut akan membantu pengoptimalan motorik anak. Perkembangan motorik meliputi motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau sebagian besar atau seluruh anggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri, misalnya kemampuan untuk duduk, menendang, berlari dan lain-lain, sedangkan motorik halus adalah gerakan yang menggunakan otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih, misalnya memindahkan bienda dari tangan, mencoret, menyusun, menggunting, dan menulis. Perkembangan motorik akan berbeda tingkatannya pada setiap individu. Anak tertentu mungkin akan bisa melompat dan menangkap bola dengan mudah sementara yang lainnya mungkin hanya bisa menangkap bola yang besar atau berguling-guling. Dalam hal ini orang tua dan orang dewasa di sekitar anak harus mengamati tingkat perkembangan anak-anak dan merencanakan berbagai kegiatan yang bisa menstimulainya.
References
Akbar, Reni dan Hawadi, 2001, Psikologi Perkembangan Anak: Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak, Jakarta: Grasindo.
Damayanti, Denidya, 2013, Panduan Islami Perawatan Bayi, Yogyakarta: Pinang Merah Publisher. Gunarti, Winda dkk, 2008, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka. Hardiyanti, Dwi dan M. Sukiram, 2008, Strategi Pengembangan Moral Anak Usia Dini, Salatiga: Widyasari Press.
Hasan, Maimunah, 2015, Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: DIVA Press. Hurlock, Elizabeth, 2005, Metode Perkembangan Anak Jilid, Jakarta: PT.Glora Aksara Pratama.
Hurlock, Elizabeth B, 1998, Perkembangan Anak jilid , Jakarta: Erlangga Jakarta: Erlangga. ----------------, 1978, Perkembangan Anak jilid, Terjemahan Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Papalia, Diane E, Etc. 2008, Human Development (Psikologi Perkembangan, terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014, Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Santrock W John, 1995, Life Span Development, Jakarta: PT Erlangga.
Suciati, Sri, 2015, Bahan ajar pendidikan dan latihan profesi guru, Semarang: PLPG
Sudono, Anggani, 2000, Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Grassindo.
Sujiono, Bambang dkk, 2014, Metode Pengembangan Fisik, Jakarta: Universitas Terbuka,