Pesan Dakwah dalam Film Pendek “Makr”

  • Nurul Hidayah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Luthfi Ulfa Ni’amah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: film, dakwah, makar

Abstract

Film telah ada sejak zaman kuno. Sejarah dunia film mengalami perkembangan yang cukup panjang dari waktu ke waktu. Dari mulai ditemukan perangkat kinetoskop sebelum abad ke-20, kemudian berkembang hingga 1937 di zaman retro mulai 1980-an. Pada pertengahan 1970-an, film atau orang Barat memperkenalkan mereka dengan 'bioskop' mulai dikemas melalui kaset video dan kemunculan simultan cakram laser atau dvd, yang masih ditemui di era saat ini. Semakin banyak, film berkembang luas. Dimulai dengan film teater, music, film, pembuatan karya komersial, film televisi (FTV) dan film layar lebar. Melalui pertunjukan sebuah film, publik dapat mempresentasikan makna dari film tersebut. Pada film yang akan diteliti oleh peneliti ini, akan disajikan dari perspektif ajudikasi. Film pendek 'Makr' merupakan film yang diadaptasi dari realitas kehidupan manusia yang mengutamakan kepentingan duniawi hingga melupakan segalanya, termasuk keyakinannya. Film ini diunggah oleh channel youtube 'ALTER' ketika ramai dibicarakan oleh publik media sosial di tengah pandemi lalu. Film ini mengajarkan kita sebagai banyak muslim untuk selalu berpegang teguh kepada Allah SWT dan segera menghindari penyebarannya. Topik analisis film ini menggunakan analisis Theologies Adjutant. Kemudian dari segi sumber data, dihasilkan dari perpustakaan sumber dan analisis adegan. Film ini juga dikaji menggunakan studi kualitatif deskriptif. Agar lebih luas dan detail. Peneliti menyela film 'Makr' dari perspektif ajudikasi melalui adegan dan makna yang terkandung di dalamnya.  Sehingga dapat diteliti dan menghasilkan analisis yang bermanfaat.

References

Aziz, M. A. (2004). Ilmu Dakwah. Prenada Media.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa: Vol. III. Balai Pustaka. https://docer.tips/kamus-besar-bahasa-indonesia-2008.html

Hardian, N. (2018). DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 0, Article 0. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.92

Himawan, P. (2008). Memahami Film (2nd ed.). Homerian Industri.

Ilaihi, W., & Kamsyah, A. (2010). Komunikasi dakwah / Wahyu Ilaihi ; editor, Adriyani Kamsyah. Remaja Rosdakarya,. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=91215

Mustafa, D. M. (2011). Agama dan Bayang-Bayang Etis Syaikh Yusuf Al-Makassari. Lkis Pelangi Aksara.

Pratiwi, A. F. (2018). FILM SEBAGAI MEDIA DAKWAH ISLAM. Aqlam: Journal of Islam and Plurality, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30984/ajip.v2i2.523

Rosi, B. (2019). INTERNALISASI KONSEP UMMATAN WASATHAN DENGAN PENDEKATAN DAKWAH KULTURAL. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.36420/ju.v5i1.3641

Saeful Muhtadi, A. (2012). Komunikasi Dakwah (Teori. Pendekatan dan Aplik. Simbiosa Rekatama Media. https://www.bukukita.com/Agama/Islam/108023-Komunikasi-Dakwah.html

Sobur, A. (2001). Analisis teks media: Suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik dan analisis framing. Remaja Rosdakarya.

Published
2023-08-01
How to Cite
Hidayah, N., & Ni’amah , L. U. (2023). Pesan Dakwah dalam Film Pendek “Makr”. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 6(2), 38-51. https://doi.org/10.37567/syiar.v6i2.1181