Etnografi Komunikasi dalam Tradisi Perahu Hias Turun Sungai pada Peringatan 1 Muharram di Desa Tengguli Kecamatan Sajad

  • Ambar Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Jaelani Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Nurul Hidayat Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Peringatan 1 Muh}arram, Perahu Hias Turun Sungai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tradisi perahu hias turun sungai, pola komunikasinya serta makna yang terkandung dalam tradisi tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data meliputi triangulasi dan member check.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tradisi perahu hias turun sungai dimulai dengan persiapan yang dilakukan oleh masyarakat setempat seperti mengadakan rapat dan gotong royong. Terkait pelaksanaannya dimulai dengan mengajak seluruh masyarakat untuk berkumpul di sungai, penyampaian pesan dari Muhammad Daud selaku Kepala Desa Tengguli, melintasi sungai diiringi perahu hias, membaca do’a keselamatan dan do’a tolak bala’, adzan yang dijadikan sebagai pertanda waktu makan serta makan ketupat bersama. Pola komunikasi dalam tradisi perahu hais turun sungai terdiri dari tiga indikator. Indikator pertama berkaitan dengan situasi komunikatif yang dilakukan di sungai perbatasan Desa Tengguli dan Desa Jirak. Indikator kedua peristiwa komunikatif yang terdiri dari tipe peristiwa, topik, fungsi dan tujuan, partisipan, pesan, norma atau kaidah interaksi dalam tradisi perahu hias turun sungai. Indikator ketiga yaitu tindak komunikatif yang berisi do’a atau permohonan kepada Allah SWT. Terdapat beberapa makna yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi tersebut seperti penentuan waktu pelaksanaan serta prosesi yang dilalui. Beberapa makna diantaranya sangat tidak bisa dipisahkan dari berobat kampung sebagai upaya untuk menolak bala’.

References

Abdussamad, Zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cet. I. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Andrik, Purwasito. (2003). Komunikasi Multikultural. Cet.I. Surakarta: Muhammadiyah University press.

Buhori. (2017). Islam dan Tradisi Lokal Di Nusantara: Telaah Kritis Terhadap Tradisi Pellet Betteng Pada Masyarakat Madura Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Almaslahah, 13(2).

Darwis, Robi. (2017). Tradisi Ngaruwat Bumi Dalam Kehidupan Masyarakat: Studi Deskriptif Kampong Cihideung Girang Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. Jurnal Studi Agama-Agama dan Lintas Budaya, 2(1).

Dewi, Indah Kusuma dan Ali Masher. (2019). Nilai-Nilai Profetik Dalam Kepemimpinan Modern Pada Manajemen Kinerja. Cet. I. Yogjakarta: CV. Gre Publishing.

Firmando, Harisan Boni. (2022). Sosiologi Kebudayaan: Dari Nilai Budaya Hingga Praktik Sosial. Cet. I. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.

Firmansyah, Andang, Astrini dan Edwin Mirzachaerulsyah. (2022). Modul Sejarah Lokal: Berbasis Muatan Kearifan Lokal Masyarakat Kalimantan Barat. Cet. I. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Gardjito, Murdijati, Eni Harmayani dan Umar Santoso. (2019). Makanan Tradisional Yang Populer: Menu Sepiring Paling Lengkap Dan Makanan Berbasis Buah-Buahan. Yogyakarta: UGM Press.

Harbani, Rahma. (2013, Februari 15). Do’a Tolak Bala Beserta Artinya Sesuai Ajaran Rasulullah SAW dalam https://www.detik.com/hikmah/doa-dan-hadits/d-6388271/doa-tolak-bala-beserta-artinya-sesuai-ajaran-rasulullah-saw.

Hikmawati, Fenti. (2020). Metodologi Penelitian. Cet. IV. Depok: Rajawali Pers.

Kementrian Agama Republik Indonesia. (2013). Al-Qur’a>n Al-Kari>m dan Terjemahnya. Surabaya: Hakim Publishing & Distributing.

Kuswarno, Engkus. (2011). Metode Penelitian Komunikasi: Etnografi Komunikasi Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya. Cet. I. Bandung: Widya Padjadjaran.

M. Rifa’i. (2017). Etnografi Komunikasi Ritual Tingkeban Neloni Dan Mitoni (Studi Etnografi Komunikasi Bagi Etnis Jawa Di Desa Sumbersuko Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan). Jurnal of Communication, 2(1).

Muhlis, Ahmad. (2019). Eksistensi Tradisi Tari Lulo Di Kec.Pakue.Kab. Kolaka Utara Sulawesi Tenggara. (Skripsi, IAIN Parepare).

Murdiyanto, Eko. (2020). Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal. Yogyakarta: LP2M.

Nugroho, Oki Cahyo dan Eli Purwati. (2019). Etnografi Komunikasi Visual Pertunjukan Reyog Obyogan Ponogoro. Jurnal Rekam, 15(1).

Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.

Nurul Hidayat. (2018). Dakwah Berbasis Kearifan Lokal: Study Etnografi Terhadap Tradisi Dzikir Naza>m Al-Barza>nji Sebagai Media Dakwah di Desa Mulia, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. (Tesis. UIN Sunan Ampel Surabaya).

Priyowidodo, Gatut. (2020). Etnografi Komunikasi: Testimoni Empiris Spirit Keragaman Pada Komunitas Akar Rumput. Cet. I. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sapu’at. (2020). Representasi Komunikasi Grafis Pada Taman Kanak-Kanak Babul Jannah Kecamatan Sambas Tahun 2019. (Skripsi, IAIS Sambas).

Shanti, Aprilia Dwi. (2018). Etnografi Komunikasi Tradisi Barong Ider Bumi Bagi Orang Osing.” Skripsi, Program Studi Ilmu Komunikasi. (Skripsi, Universitas Brawijaya Malang).

Simanjuntak, Bungaran Antonius. (2016). Tradisi, Agama Dan Akseptasi Modernisasi Pada Masyarakat Pedesaan Jawa. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Spradley, James P. (2007). Metode Etnografi (The Ethnographic Interview). terj. Misbah Zulfa Elizabeth. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Thamrin, Husni. (2018). Antropologi Melayu. Cet. I. Yogyakarta: Kalimedia.

Tim GIP. (2012). Ensiklopedia Do’a Muslimah. Cet. I. Jakarta: Gema Insani Press.

Tim Quanta. (2016). Kumpulan Do’a Bahagia Dunia Akhirat. Jakarta: PT. Gramedia.

Zellatifanny, Cut Medika dan Bambang Mudjiyanto. 2018. Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2).

Published
2023-08-16
How to Cite
Ambar, Jaelani, & Hidayat, N. (2023). Etnografi Komunikasi dalam Tradisi Perahu Hias Turun Sungai pada Peringatan 1 Muharram di Desa Tengguli Kecamatan Sajad. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 6(2), 70-82. https://doi.org/10.37567/syiar.v6i2.2274