PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV A DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MENTAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Yudi Hermawan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Hifza institut agama islam sultan muhammad syafiuddin sambas
  • Topik institut agama islam sultan muhammad syafiuddin sambas
Keywords: problematika guru, pembelajaran tematik

Abstract

The purpose of This research aims to reveal about: 1) Teacher problems in planning thematic learning for class IV A at SDN 1 Mentawa for the 2021/2022 academic year; 2) Teacher problems in implementing thematic learning for class IV A at SDN 1 Mentawa for the 2021/2022 academic year; and3) Teacher problems in assessing thematic learning for class IV A at SDN 1 Mentawa for the 2021/2022 academic year. his study uses a qualitative approach and a type of phenomenological research. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. The data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The results showed that: Teacher problems in planning thematic learning for class IV A at SDN 1 Mentawa for the 2021/2022 academic year, namely: a) obstacles in preparing lesson plans, b) Problems in developing syllabus, c) Obstacles in determining creative learning media, d) Problems in determining learning methods, e) The lack of learning material. Problems with teachers in implementing thematic learning for class IV A at SDN 1 Mentawa for the 2021/2022 academic year, namely: a) difficulties in connecting learning activities with students' real lives, b) difficulties in managing classes, c) problems in applying learning methods. Teacher problems in assessing class IV A thematic learning at SDN 1 Mentawa for the 2021/2022 Academic Year, namely a) Difficulties in carrying out daily assessments, b) Difficulties in reporting final grades.

References

Afifah, N. (2017). Problematika pendidikan di Indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41-47.
Albertuz, Doni Koesoema. 2016. pendidikan karakter di zaman keblinger (mengembangkan guru sebagai pelaku perubahan dan pendidikan karakter). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ansory, Miksan. Dimensi HAM dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Kediri: Iaifa Press.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Hajar, I. 2013. Panduan lengkap kurikulum tematik untuk SD/MI. Yogyakarta: Divapress.
Helaluddin, 2018. “Mengenal lebih dekat dengan pendekatan fenomenologi: sebuah penelitian kualitatif,” dalam Jurnal ResearchGate
Ibrahim, Rahmad. 2012. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Kunandar. 2015. Penilaian autentik. Jakarta: Rajawali Pers.

Kusmana, S. 2011. Model Pembelajaran Siswa Aktif. Jakarta: Sketsa Aksara Lalitya.

Mahdi, Adnan dan Mujahidin. 2014. panduan penelitian praktis untuk menyusun skripsi, tesis, & Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maliki, Puji. 2018. “Strategi kelompok guru dalam peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di kota batu”. disertasi pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Moleong, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi).
Muhith, Abdul. 2018. Problematika pembelajaran tematik terpadu di MIN III bondowoso. Indonesian Journal of Islamic Teaching 1.1 (2018).
Nurbani, Gilda. 2022. Hubungan manajemen penggunaan aplikasi Rapor Digital dengan kompetensi profesional guru: Penelitian pada guru MTsN dan MAN di Kota Bandung. Disertasi pada UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Nurmala, Irmala. Implementasi penilaian hasil belajar berbasis aplikasi rapor digital (ARD) di madrasah ibtidaiyah negeri 3 jember tahun pelajaran 2019/2020. Disertasi pada IAIN Jember.
Octavia, Srikandi. 2017. Pengembangan bahan ajar tematik dalam implementasi kurikulum 2013 kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 9.2, 2017.
Oemar Hamalik, oemar. 1989. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. "Belajar dan pembelajaran." Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3.2 : 333-352.
Poedjiadi, Anna. 2005. Sains dan Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Prastowo, Andi. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2018 Untuk SD/MI. Kencana.
Pribadi, Benny. 2011. Metode Pembelajaran ASSURE. Jakarta: Dian Rakyat.
redaksi, Tim. 2014. almumayyaz: Al-Qur’an Tajwid Warna dan Transliterasi Perkata Terjemah Per Kata. Bekasi: Cipta Bagus Segara.
Trianto. 2012. Mengembang Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya
Wijayanto, Ari. 2021. Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. palopo: OSF Preprints.
ZUBAIDI, Ahmad. Model-model pengembangan kurikulum dan silabus pembelajaran bahasa arab. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 2015, 13.1: 107-122.Mahdi, Adnan dan Mujahidin. 2014. Panduan Penelitian Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis, & Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-07-04
How to Cite
Yudi Hermawan, Hifza, & Topik. (2022). PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV A DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MENTAWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 5(2), 1-11. https://doi.org/10.37567/syiar.v5i2.2335