Manajemen Produksi Berita Kabar Sambas di CSMtv

  • Yandra Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Henny Yusnita institut agama islam sultan muhammad syafiuddin sambas
Keywords: Manajemen Produksi, Berita Kabar Sambas, CSMtv

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan manajemen yang dilakukan CSmtv Sambas yang memenuhi lima unsur manajemen seperti perencanaan, organisasi, tahap produksi, penggontrolan dan evaluasi. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti lebih detail masalah dan kelebihan yang dimiliki pihak CSMtv Sambas sesuai dengan unsur manajemen yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis kualitatif. Sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Tehnik alat pengumpul data yaitu; 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi; Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan reduksi data, display data, Verifikasi (penarikan kesimpulan). Kemudian tehnik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen produksi berita kabar Sambas yang dilakukan CSMtv, yaitu; 1) Proses perencanaan yang dilakukan kadang tidak formal seperti kebanyakan televisi swasta yang melaksanakan rapat kepada seluruh karyawan. Tetapi bagi direktur utama CSMtv, cukup menggunakan group whatsapp untuk merencanakan proses liputan meskipun kadang rapat bersama juga dilakukan; 2) Kinerja yang dilakukan karyawan yang tergabung dalam struktur organisasi CSMtv kurang maksimal. Hal itu dikarenakan tugas ganda yang dimiliki karyawan sehingga tidak fokus mengerjakan tugas utama yang telah terstruktur; 3) Proses pelaksanaan yang terbagi menjadi 3 tahap yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi sudah memenuhi standar nasional dengan menggunakan aplikasi adobe premiere pro dengan hasil yang cukup lumayan; 4) Proses pengawasan yang dilakukan dalam CSMtv Sambas sesuai dengan teori manajemen. Proses produksi yang dihasilkan cukup serius agar dapat menjadi informasi yang aktual dan faktual; 5) Proses evaluasi yang di lakukan pada rapat bersama terkait taget dan tujuannya dapat disimpulkan bahwa berita peristiwa menjadi hal yang sangat diminati masyarakat kabupaten Sambas.

References

Arikunto, Suharsimi. (1992). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta.
Assauri, Sofjan. (1978). Manajemen Produksi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Berita Hoax sudah diatur dalam Pasal 28 ayat1 UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) menyatakan, “setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik.” Hal ini bisa dilihat pada, http://id.m.wikisource.org/wiki/UndangUndang_Republik_Indonesia_Nomor_11_Tahun_2008. Diakses pada tanggal 11 juli 2018, pukul 09:12.
Djamal, Hidajanto. (2011). Andi Fachrudin. Dasar-Dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi. Jakarta: Penerbit Kencana.
Fachruddin, Andi. (2016). Manajemen Pertelevisian Modern. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.
Hasibuan, Malayu. (2006). Manajemen Dasar. Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hondoko, Hani. (1984). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFE.
Nasution, Zulkarimein. (2007). Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Panglaikim dan Hazil Tanzil. (1960). Manajemen Suatu pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Profil CSMtv Sambas Tahun 2018.
Sadiah, Dewi. (2015). Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Vivian, Jhonn. (2008). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wibowo, Fred. (2000). Tehnik Produksi Program Televisi. Yogyakarta : Pinus Book Publisher.
Published
2024-05-27
How to Cite
Yandra, & Henny Yusnita. (2024). Manajemen Produksi Berita Kabar Sambas di CSMtv. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 7(1), 29-44. https://doi.org/10.37567/syiar.v7i1.2822