Strategi Komunikasi Polres Sambas dalam Menyampaikan Pesan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat)

  • Meriono Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Strategi komunikasi Polres Sambas, Menyampaikan Pesan Kamtibmas

Abstract

Strategi komunikasi diperlukan agar kegiatan komunikasi bisa berjalan dengan baik. Strategi komunikasi ini diterapkan Polres Sambas dalam menyampaikan pesan Kamtibmas. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui secara rinci mengenai langkah-langkah strategi komunikasi Polres Sambas dalam menyampaikan pesan Kamtibmas. Selain dari itu, penelitian ini juga membahas tentang faktor pendukung dan faktor penghambat strategi komunikasi Polres Sambas dalam menyampaikan pesan Kamtibmas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Polres Sambas sebagai data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak luar yang bekerja sama dengan Polres Sambas dalam menyampaikan pesan Kamtibmas. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi sumber. Hasil penelitian didapatkan sebagai berikut: 1) Strategi komunikasi Polres Sambas dilakukan dalam lima langkah, yaitu menetapkan komunikator, menetapkan khalayak sasaran, menyusun pesan, seleksi dan penggunaan media, serta analisis efek komunikasi; 2) Faktor pendukung upaya tersebut yaitu adanya dukungan penuh dari Kapolres Sambas, kemampuan personil Polres Sambas, tersedianya sarana dan prasarana yang cukup memadai di Mapolres Sambas, mudahnya mengakses teknologi infomasi, serta kerjasama Polres Sambas dengan pihak luar. Peneliti turut menemukan adanya faktor penghambat upaya tersebut, yaitu gangguan sinyal internet, energi listrik, cuaca yang kurang mendukung, serta wilayah hukum Polres Sambas yang cukup luas yakni meliputi 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Sambas.

References

Cangara, Hafied. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Gunawan, Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahdi, Adnan dan Mujahidin. (2014). Panduan Penelitian Praktis untuk Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Sadiah, Dewi. (2015). Metode Penelitian Dakwah: Penelitian Kualitatif dan Kauntitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya..
Uchana, Onong, Effendi. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winardi, (2003). Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Yulihastin, Erma. (2008). Bekerja Sebagai Polisi. Bogor: Erlangga.
Published
2024-06-22
How to Cite
Meriono. (2024). Strategi Komunikasi Polres Sambas dalam Menyampaikan Pesan Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat). Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 7(1), 45-59. https://doi.org/10.37567/syiar.v7i1.2838