ANALISIS METODE PEMBELAJARAN DALAM KITAB TAFSIR AL-MISBAH VOLUME 15 KARYA M. QURAISH SHIHAB

  • Pahrurraji Pahrurraji Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Muhammad Nafis Tabalong, Indonesia
Keywords: Method, Book, and Al-Misbah.

Abstract

This study proposes an analysis of learning methods in the Book of Tafsir Al-Misbah volume 15 by M. Quraish Shihab. The formulation of the problem in this study is how the learning method is in the Book of Tafsir Al-Misbah volume 15 by M. Quraish Shihab. This study aims to determine the learning method in the Book of Tafsir Al-Misbah volume 15 by M. Quraish Shihab. This type of research is library research, namely research on library/literature materials related to research problems. Based on the results of the research conducted, there are several analyzes of learning methods in the Book of Tafsir Al-Misbah volume 15 by M. Quraish Shihab namely the objectives of the learning method, the material of the learning method, the learning method, as an educator both parents and teachers must be able to teach these learning methods by well and by using good strategies and methods to students so that students will be able to correctly understand the things they have to do and the things they have to leave behind.

References

Quraish Shihab, Muhammad. Tasir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian AlQur’an Volume 15. Jakarta: Lentera Hati, 2017.
Alhidayatillah, Nur. “Dakwah Dinamis Di Era Modern (Pendekatan Manajemen Dakwah).” An-Nida’ 41, no. 2 (2018): 265–276.
Ariska, Yeni Fitri, and Siti Naila Fauzia. “Tinjauan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Usia Dini Melalui Metode Sosiodrama.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 3 (2021).
Darmayanti, Irma, Rafiah Arcanita, and Siswanto Siswanto. “Implementasi Metode Hadiah Dan Hukuman Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 3 (2020): 20–38.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi). Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Endayani, T B, Cut Rina, and Maya Agustina. “Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD 5, no. 2 (2020): 150–158.
Hamalik, Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Hasbullah, Hasbullah. “Kurikulum Pendidikan Guru: Metode Simulasi Dalam.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11, no. 2 (2021): 155–162.
Hidayat, Dafid Fajar. “Desain Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan 8, no. 2 (2022): 141–156.
Ilyas, Muhammad, and Ulfatur Rosyidah. “Implementasi Metode Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Smp 11 Ma’arif Bangsalsari Tahun Ajaran 2021/2022.” FAJAR Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2023): 96–110.
Indartik, Indartik. “Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Pada Siswa Kelas VI Semester I SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun.” Jurnal Edukasi Gemilang (JEG) 3, no. 3 (2018): 59–65.
Krismanto, Ali. “Beberapa Teknik, Model, Dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika.” Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (2003).
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Konsep, Karakteristik Dan Implementasi). Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Munzier, Hery Noer Aly Dan. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani, 2000.
Najih, Syihabuddin. “Mau’idzah Hasanah Dalam Al-Qur’an Dan Bimbingan Konseling Islam.” Jurnal Ilmu Dakwah 36, no. 1 (2017): 144–169.
Nur, Syamsiah, and Hasnawati Hasnawati. “Metode Targhib Dan Tarhib Dalam Pendidikan Islam.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 01 (2020): 64–77.
Nurhayati, Raden. “Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies (2020): 57–87.
Nuryadien, Mahbub. “Metode Amtsal; Metode Al-Quran Membangun Karakter.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017).
Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (2022): 7911–7915.
Ritonga, Nova, Juliandes Leonardo Trisno Mone, Mathan Yunip, and Yunardi Kristian Zega. “Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.” Jurnal Shanan 5, no. 1 (2021): 29–42.
Sanjani, Maulana Akbar. “Pentingnya Strategi Pembelajaran Yang Tepat Bagi Siswa.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 10, no. 2 (2021): 32–37.
Tambak, Syahraini. “Metode Latihan (Drill) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 13, no. 2 (2016): 110–127.
———. “Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13, no. 1 (2016): 30–51.
Yuhana, Asep Nanang, and Fadlilah Aisah Aminy. “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL] 7, no. 1 (2019): 79–96.
Yuliastuti, Siti Marta, Nina Kurniah, and Mona Ardina. “Penerapan Metode Latihan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Kelompok B.” Jurnal Ilmiah Potensia 5, no. 1 (2020): 25–30.
Published
2023-02-12