PENGEMBANGAN ADMINISTRASI GURU KELAS DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN
Abstract
Administrasi guru kelas adalah administrasi yang disiapkan oleh guru yang diberikan tugas untuk menjadi guru wali kelas dengan tujuan memperlancar pengarsipan kelas. Administrasi guru kelas juga bisa disebut sebagai pegangan guru selama mengajar. Jenis-jenis administrasi guru kelas adalah Kalender Pendidikan, Program Tahunan, Program Semester, Silabus, Analisis KI (Kompetensi Inti/Kompetensi Dasar, Prosedur Penilaian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Ketuntasan Belajar Minimal (KBM), Jurnal/ Agenda Guru, Buku Absensi, Daftar Nilai, Buku Pegangan (Buku Paket, Buku Elektronik, Modul, LKS), Bahan Ajar Berbasis ICT (Power Point), kisi-kisi soal ulangan, Analisis Hasil Ulangan, program Remedial, program Pengayaan, Kumpulan Soal/Bank Soal, Penelitian Tindakan Kelas. Sistem komputerisasi pengolahan data nilai menggunakan metode pendataan dan pengolahan data nilai dimaksudkan agar guru bidang studi, wali kelas bisa melakukan proses penilaian. Yang seterusnya bisa dilaporkan kepada urusan pengajaran ataupun wali murid. Apabila ada pendataan nilai dapat dimasukkan ke dalam komputer dan secara otomatis akan diproses sehingga dapat mengetahui proses nilai yang kita inginkan.
References
Arikunto, Suharsimi, 1988, Pengelolaan kelas dan siswa, sebuah pendekatan Evaluatif, Jakarta: CV. Rajawali.
Barizi, Ahmad & Muhammad Idris, 2010, Menjadi Guru Unggul, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum 2013 Revisi 2017. November 5, 2017 Oleh Endarta.
Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum K13.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
Departemen Pendidikan Nasional, Panduan Umum Pengembangan Silabus, Jakarta: 2008.
Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi IPA, Model-Model Pengajaran dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: Direktorat PLP.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.
http://critoqu.blogspot.com/2012/07/pengertian-bank-soal.html.
Isjoni, 2009, Guru Sebagai Motivator Perubahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar, 2013, Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, 2011, Menjadi Guru Profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenagkan, Bandung: Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2008, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurdin, Syafruddin, 2003, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Press.
Paristiowati, Maria, Irma Ratna K, Aftuni, Jurnal Riset Pendidikan Kimia, Vol. 1, No. 1 2011.
Permendikbud 81A Tahun 2013 Pedoman Umum Pembelajaran.
Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013.
Remedi dan Pengayaan dalam Kurikulum 2013.
Sanjaya, Wina, .2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Kencana.
Sholekhah, Alfiatul, Strategi Mutu Pembelajaran di Sekolah Unggulan, Didaktika Religia Volume 2 , No. 1 Tahun 2014.
Siska Yunensi, WordPress.com Weblog.
Ulil Azmi, Kuliah Umum http://victoryforpbi-a.blogspot.com/2012/04/kelompok-4-penyusunan-kisi-kisi.html , diakses pada tanggal 19 Pebruari 2020 jam 14.49.
Yusuf, A. Muri, 2014, Pengajaran Remedial Teori dan Penerapannya, Bandung: Presmedia.
Zubaidi, Ahmad, Model-Model Kurikulum/Silabus Pembelajaran Bahasa Arab, Cendekia Vol. 13 No. 1, Januari - Juni 2015.