Prinsip Dakwah Moderat di Kalangan Nonmuslim

Studi Kasus Dakwah Gus Miftah

  • Nadia Izzati Irma UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Luthfi Ulfa Ni’amah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: dakwah, moderat, Gus Miftah

Abstract

Dakwah artinya  mengajak  seluruh  manusia  kebaikan dan pelakunya  adalah Allah SWT , rusulullah  dan nabiullah,  serta orang orang yang memiliki keimanan  dan selalu berbuat kebaikan. Dengan Dakwah Islam akan semakin  berkembang dan memahami kandungan  agama, tidak hanya untuk mengimplementasikannya,  tetapi juga untuk memahami  sunnah  sunnah yang disebut hadits yang diajarkan oleh para nabi dan rasul.  Ada sejumlah  keterkaitan dakwah terbagi dalam banyak versi, seperti salah satunya, dakwah moderat. Dakwah moderat adalah dakwah yang terfokus pada nilai- nilai kemanusiaan,  dalam rangka meneladani kemurnia n ilmu agama yang telah dikuasai dan dikomunikasikan  kepadanya.  Hal ini  adalah cara untuk  menenangkan  jiwa dan mencapai  mad' u yang diinginkan. Gus  Miftah  adalah  seorang  pendakwah  yang  dikenal  dengan  logatnya  yang  unik  dan dicintai oleh seluruh  manusia,  termasuk  non-Muslim.  Dia berani menyampaikan  konten Dakwah kepada orang-orang  yang berbeda keyakinan,  yang bisa dikatakan sebagai terobosan baru dalam misi dakwah non-Muslim.

References

Ali, A. (2005). Menguasai Internet Plus Pembuatan Web. M25.

Aliyudin, E. (2019). Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. Widya Padjajaran.

Anisa, L. N. (2019). PELACURAN DAN STRATEGI DAKWAH. Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.56997/almabsut.v13i1.341

Arbi, A. (2003). Akwah Dan Komunikasi. UIN JKT Press.

Aziz, M. A. (2004). Ilmu Dakwah. Prenada Media.

Corbuzier, D. (Director). (2021). Ustad yang masuk gereja nih kemarin. https://youtu.be/gnxzGk20EJk

Ilaihi, W. (2013). Komunikasi Dakwah. PT Remaja Rosida Karya.

Melyani, V., Sarwan, S., Yummil, Y., & Lestari, F. A. (2020). PENGGERAKAN PELAKU DAKWAH PADA HIMPUNAN DA’I DAN MUBALLIGH KOTA BUKITTINGGI. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 0, Article 0. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.1572

Muhammad Nuh, S. (2004). Oakwah Fardiyah Pendekatan Personal dalam Dakwah. Era lntermedia.

Musyafak, N. (2015). Islam dan Ilmu Komunikasi. CV. Karya Abadi Jaya.

Suhandang, K. (2013). Ilmu Dakwah Prespek tif Komunikasi. PT Remaja Rosida Karya.

Suparta, H. M., Hefni, H., & Hefni, H. (2003). Metode dakwah. Kencana. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=292175

widi, R. K. (2004). Asas Metodelogi Penelitian. Graha Ilmu.

Published
2023-07-29
How to Cite
Irma, N. I., & Ni’amah, L. U. (2023). Prinsip Dakwah Moderat di Kalangan Nonmuslim: Studi Kasus Dakwah Gus Miftah. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 6(1), 9-17. https://doi.org/10.37567/syiar.v6i1.1169