Prinsip Dakwah Moderat di Kalangan Nonmuslim
Studi Kasus Dakwah Gus Miftah
Abstract
Dakwah artinya mengajak seluruh manusia kebaikan dan pelakunya adalah Allah SWT , rusulullah dan nabiullah, serta orang orang yang memiliki keimanan dan selalu berbuat kebaikan. Dengan Dakwah Islam akan semakin berkembang dan memahami kandungan agama, tidak hanya untuk mengimplementasikannya, tetapi juga untuk memahami sunnah sunnah yang disebut hadits yang diajarkan oleh para nabi dan rasul. Ada sejumlah keterkaitan dakwah terbagi dalam banyak versi, seperti salah satunya, dakwah moderat. Dakwah moderat adalah dakwah yang terfokus pada nilai- nilai kemanusiaan, dalam rangka meneladani kemurnia n ilmu agama yang telah dikuasai dan dikomunikasikan kepadanya. Hal ini adalah cara untuk menenangkan jiwa dan mencapai mad' u yang diinginkan. Gus Miftah adalah seorang pendakwah yang dikenal dengan logatnya yang unik dan dicintai oleh seluruh manusia, termasuk non-Muslim. Dia berani menyampaikan konten Dakwah kepada orang-orang yang berbeda keyakinan, yang bisa dikatakan sebagai terobosan baru dalam misi dakwah non-Muslim.
References
Ali, A. (2005). Menguasai Internet Plus Pembuatan Web. M25.
Aliyudin, E. (2019). Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. Widya Padjajaran.
Anisa, L. N. (2019). PELACURAN DAN STRATEGI DAKWAH. Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.56997/almabsut.v13i1.341
Arbi, A. (2003). Akwah Dan Komunikasi. UIN JKT Press.
Aziz, M. A. (2004). Ilmu Dakwah. Prenada Media.
Corbuzier, D. (Director). (2021). Ustad yang masuk gereja nih kemarin. https://youtu.be/gnxzGk20EJk
Ilaihi, W. (2013). Komunikasi Dakwah. PT Remaja Rosida Karya.
Melyani, V., Sarwan, S., Yummil, Y., & Lestari, F. A. (2020). PENGGERAKAN PELAKU DAKWAH PADA HIMPUNAN DA’I DAN MUBALLIGH KOTA BUKITTINGGI. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 0, Article 0. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.1572
Muhammad Nuh, S. (2004). Oakwah Fardiyah Pendekatan Personal dalam Dakwah. Era lntermedia.
Musyafak, N. (2015). Islam dan Ilmu Komunikasi. CV. Karya Abadi Jaya.
Suhandang, K. (2013). Ilmu Dakwah Prespek tif Komunikasi. PT Remaja Rosida Karya.
Suparta, H. M., Hefni, H., & Hefni, H. (2003). Metode dakwah. Kencana. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=292175
widi, R. K. (2004). Asas Metodelogi Penelitian. Graha Ilmu.
Copyright (c) 2023 Nadia Izzati Irma, Luthfi Ulfa Ni’amah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.