Pola Interaksi Guru dan Murid dalam Proses Pembelajaran di MAS Al-Furqon Cimerak

  • Maulana Adam Hakim Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama AL-Farabi Pangandaran
Keywords: interaksi, pedagogik, guru, proses pembelajaran

Abstract

Di dalam penelitian ini akan membahas bagaimana pola interaksi guru dengan murid dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MAS Al-Furqon Cimerak, Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengemupulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik secara tringulasi yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola interaksi guru dengan murid dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunujakan bahwa pola interaksi yang sering dilakukan di MAS Al-Furqon Cimerak yaitu pola interaksi satu arah dengan mengunakan metode ceramah, Komunikasi dua arah sering dilakukan dengan melakukan tanya jawab sepertihalnya kuis, Dan komunikasi tiga arah dilakukan dengan pemberian materi kepada para peserta didik untuk didiskusikan oleh setiap kelompoknya masing-masing dan dipersentasikan Kembali. Pola interaksi yang dilakuan di MAS Al-Furqon Cimerak bertujuan untuk menyiptakan kelas yang bernilai edukatif.

References

Achmad Sanusi, (2015), Sistem Nilai: Alternatif Wajah-wajah Pendidikan, Bandung: Nuansa Cendekia.

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), Article 1.

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23-30.

Arianti, A. (2019). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Departemen Pendidikan Nasional

Istiqomah dan Mohammad Sulton, (2013), Sukses Uji Kompetensi Guru, Jakarta: Dunia Cerdas.

M. Misdar, (2015), Revitalisasi Interaksi Pedagogik Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran, Palembang: Tadrib, Volume 1, Nomor 2, ISSN: 2398-1876.

Sugiyono, S. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Published
2023-08-03
How to Cite
Hakim, M. A. (2023). Pola Interaksi Guru dan Murid dalam Proses Pembelajaran di MAS Al-Furqon Cimerak. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 6(2), 58-63. https://doi.org/10.37567/syiar.v6i2.1577