Membangun Budaya Wisuda di TK Miftahul Falah: Peran Guru dan Orang Tua dalam Memperkuat Nilai-nilai Budaya dan Kepribadian Anak-Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dan guru dalam memperkuat nilai-nilai budaya dan kepribadian pada anak terutama budaya wisuda yang saat ini sedang marak diperbincangkan. Budaya wisuda dalam proses pendidikan di TK Miftahul Falah ternyata mampu memperkuat kepribadian anak untuk termotivasi dalam melanjutkan jenjang pendidikan. Selain dari itu, penanaman karakter yang dilakukan oleh orang tua dan guru mampu menjadikan anka memiliki kepribadian baik. Latar belakang peneliti untuk mengusung judul penelitian ini adalah karena sedang maraknya budaya wisuda yang menimbulkan pro kontra antara pihak sekolah, orang tua dan masyarakat itu sendiri. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini mampu menghilangkan keresahan dan pro kontra yang terjadi belakangan ini.
References
Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Didno. (2018). Melestarikan Seni dan Budaya Melalui Acara Wisuda. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/didno76/5af46209cf01b439974fa942/melestarikan-seni-dan-budaya-melalui-acara-wisuda#:~:text=Berbagai kegiatan digelar pada acara wisuda dari mulai,lokal yang mulai ditinggalkan oleh para generasi milenial.
Hasibuan, G. (2023). Fenomena Wisuda Tingkat TK/PAUD. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/aktivispemuda3087/649b927a08a8b5762b110942/fenomena-wisuda-tingkat-tk-paud
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.
Copyright (c) 2023 Nisa Nurrohmah, Annisa Kania Fauzani Tarigan, Imas Masitoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.