Manajemen Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan tawaran bagi peningkatan mutu pendidikan Islam yang mampu mengembangkan kemampuan secara maksimal, dan mampu membentuk karakter dan peradaban di sekolah. Upaya peningkatan mutu pendidikan Islam tidak sekaligus, tetapi juga berdasarkan peningkatan mutu setiap komponen pendidikan. Fokus manajemen peningkatan mutu pendidikan terletak pada proses atau sistem pencapaian tujuan dari organisasi sekolah itu sendiri. Manajemen peningkatan mutu pendidikan Islam di sekolah adalah suatu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam yang berpusat pada pendidikan sekolah itu sendiri, menerapkan sekumpulan teknik berdasarkan pada ketersedian data kuantitatif dan kualitatif, dan pemberdayaan semua unsur-unsur sekolah untuk secara berkelanjutan agar terjadi peningkatan meningkatkan kapasitas dan kemampuan organisasi sekolah untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat.
References
Bawahi, Iman dan Anshori. 1991. Cendikiawan Muslim dalam Persepektif Pendidikan Islam. Surabaya, PT Bina Ilmu
Handoko,T Hani . 2009. Manajemen. Yogyakarta. BPFE
Jafri D, Novianty, dan Rahmat Abdul Bawahi. 2017. Manajemen Mutu Terpadu. Yogyakarta, Zahir Publising
Nafis, Syukron, Ahmadi H. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta, LaksBangPRESSindo
Sanusi, Ahmad. 2013. Kepemimpinan Pendidikan. Bandung, Nuansa Cendekia
Sunyoto ,Danang dan Burhanudin. 2011. Perilaku Organisasional. Jakarta. CAPS Tahroni. 2009. Konfigurasi Pemikiran dalam ilmu Pendidikan. Gorontalo, IPI Publising
Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogykartam CAPS
Syukur, Fatah,. 2012. Manajemen SDM Pendidikan. Semarang, PT Bina Ilmu Hamalik, Oemar. 2006. Manajemen pengembangan Kurikulum. Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Copyright (c) 2023 Yayat Hidayat, Alfiyatun Alfiyatun, Euis Hayun Toyibah, Ina Nurwahidah, Doni Ilyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.