Kepribadian dan Parenting Anak Usia Dini

  • Lexy Sutansyah STIT NU AL-FARABI PANGANDARAN
  • Alfi Maulia Rahma STIT NU Al-Farabi Pangandaran
  • Rika Yunita STIT NU Al-Farabi Pangandaran
Keywords: kepribadian, anak usia dini, parenting

Abstract

Individu pada masa anak usia dini memiliki kehadiran yang unik dan istimewa. Mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dan kepemilikan dunia sangat penting untuk kehidupan selanjutnya. Anak selalu memiliki karakteristik yang jauh dari orang dewasa. Antusias dan aktif, selalu ingin tahu tentang apa yang dilihat dan dinamis. Jangan pernah berhenti belajar, karena suara pengetahuan baru harus selalu didengar. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang diperoleh sejumlah individu atau sekelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Pengembangan karakter kepribadian penting sekali dilakukan ketika anak dalam masa-masa usia dini. Freud, namun Erik Erikson tidak sependapat dengan Freud yang mengatakan bahwa reaksi masa dewasa adalah hasil dari pengalaman-pengalaman masa kanak-kanak, khususnya di usia 5 sampai 6 tahun awal. Menurut Erikson, lingkungan di mana anak hidup sangat penting untuk memberikan pertumbuhan, penyesuaian, sumber kesadaran diri dan identitas Pengembangan karakter kepribadian penting sekali dilakukan ketika anak dalam masa-masa usia dini. Vigotsky memandang bahwa sistem sosial sangat penting dalam perkembangan kognitif anak. Pengembangan karakter dalam diri anak diarahkan pada nilai, sikap, dan perilaku yang memancarkan akhlak mulia atau budi pekerti luhur.

References

Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Hasnain, B.F. & Adlakha, A. (2013). Self Esteem and Happiness of Children and Mothers of

Different Parental Authority. The International Journal of Humanities and Social Studies, 1.

Hibada S. Rahman, kepribadian dan parenting anak usia dini (Yogyakarta:UCY Press), 58.

Jannah, H. Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dalam

Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di Kecamatan Ampek Angkek. Pesona

PAUD, Vol I, No 1

Pemerintah Pusat. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/7308/UU0202003.htm

Sari, Y. I., Hibana, & Surahman, S. (2021). Peran Guru dalam Mengenalkan Lingkungan Sekitar pada Anak Usia Dini di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i1.306

Sugiyono, S. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia

Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Published
2023-08-07
How to Cite
Sutansyah, L., Rahma, A. M., & Yunita, R. (2023). Kepribadian dan Parenting Anak Usia Dini. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 6(2), 64-69. https://doi.org/10.37567/syiar.v6i2.2224