Nilai-Nilai Dakwah pada Perayaan 1 Muharram (Studi pada Beberapa Bentuk Perayaan 1 Muharram di Indonesia)

  • Wulan Oktaviani Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Nilai Dakwah, Tradisi, 1 Muharram, Tahun Baru Hijriah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model-model perayaan 1 Muharram dari berbagai Daerah di Indonesia dan untuk mengungkap nilai-nilai dakwah yang terkandung di dalamnya. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis konten. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan dengan data yang dihimpun selanjutnya diolah dan di analisis dengan menggunakan metode content analysis melalui pendekatan Kualitatif dan selanjutnya dianalisis secara deskriptif analitis. Untuk mendapatkan sintesis dari penelitian ini, digunakan penafsiran data secara analitis dan kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model-model perayaan 1 Muharram dari berbagai daerah di Indonesia merupakan sebagai bentuk ekspresi kebahagiaan, mempererat persatuan, bahwa esensi perayaan 1 Muharram perlu dilestarikan dan dipertahankan, sebagai pengingat pada sejarah penting Nabi Muhammad dan sebagai bahan evaluasi bagaimana merayakan momen ini dengan tepat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai dakwah yang terkandung di perayaan 1 Muharram adalah menegaskan strategi dakwah yang tepat sangat diperlukan untuk menjaga eksistensi tradisi dengan tetap berpijak pada nilai-nilai Islam.

References

https://www.pinterpandai.com/tahun-baru-hijriyah-islam-1-muharram/, diakses pada tanggal 22 Januari 2024, pukul 12:05
Al-Imam Abi Abdillah Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim ibn al-Mughirah ibn al- Bukhari al-Ja’fi, Ensiklopedi Hadits 2 Shahih al-Bukhari 2, Terj. Dr. Subhan Abdullah dkk (Jakarta: al-Mahira, 2012).
https://d1.islamhouse.com/data/id/ih_articles/id_Keutamaan_Bulan_Muharram.pdf
Japarudin. “Tradisi Bulan Muharram Di Indonesia”. Tsaqofah & Tarikh. Vol.2, No.2 (2017).
Ridianto. Nilai-nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Pawai Obor. Jurnal Ilmiah Universitas Islam Nusantara.(November 2022).
Nila Fadila. Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Tahun Baru Hijriyah Pada Masyarakat Desa Pemusiran Kecamatan Nipah Panjang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Skripsi UIN sulthan Taha Saifuddin Jambi.(April 2021).
Risma Aryanti, Ashif Az Zafi. Tradisi Satu Suro di Tanah Jawa Dalam Perspektif Hukum Islam. Jurnal Ilmiah Institut Agama Islam Negeri Kudus. (2020).
https://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_Baru_Hijriah
Hasan Alwi, dkk., Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002).
Ali Abdul Halim Mahmud, Dakwah Fardiyah; Metode Membentuk Pribadi Muslim, terj. As’ad Yasin, (Jakarta: Gema Insani Press, 1995)
https://id.wikipedia.org/wiki/Model_(disambiguasi)
https://kbbi.web.id/model
Ajip Rosidi, Ensiklopedia Sunda, Alam, Manusia, dan Budaya, (Pustaka Jaya,2000)
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007)
Dewi Sadiah, Metode Penelitian Dakwah, (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2015)
https://id.wikipedia.org/wiki/Data
https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-data/
https://kbbi.web.id/dokumentasi
https://kbbi.web.id/kunci
View of Pawai Obor Sebagai Sarana Dakwah Hiasi Hangatnya Kebersamaan Malam Tahun Baru Islam 1445 H di Kampung Cigentur Desa Batukarut Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung (uinsgd.ac.id), dikutip pada tanggal 5 Februari 2024, pukul 11:06.
SKRIPSI_PERPUS.pdf (radenintan.ac.id), diakses 5 Februari 2024, Pukul 12:07.
View of NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI SUROAN: Studi di Desa IV Suku Menanti, Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong (staindirundeng.ac.id), diakses 5 Februari 2024, pukul 2:11
full fix.pdf (walisongo.ac.id), diakses tanggal 12 Februari 2024, Pukul 03:23
https://library.unusa.ac.id/2015/10/16/arti-dan-makna-tahun-baru-islam-hijriah/
https://www.hudacendekia.or.id/wp-content/uploads/2017/12/VOL-7-2016-JURNAL-OKTOBER-min.pdf
Published
2024-08-31
How to Cite
Wulan Oktaviani. (2024). Nilai-Nilai Dakwah pada Perayaan 1 Muharram (Studi pada Beberapa Bentuk Perayaan 1 Muharram di Indonesia). Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 7(2), 85-91. https://doi.org/10.37567/syiar.v7i2.3154