Bimbingan Rohani Islam Melalui Metode Zikir dalam Membentuk Regulasi Emosi pada Jamaah TQN Khathibiyah Sambas di Kecamatan Sambas

  • Riza Umami Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Yusrain institut agama islam sultan muhammad syafiuddin sambas
  • Enik Sartika
Keywords: Bimbingan Rohani Islam, Metode Zikir, Membentuk Regulasi Emosi, Jamaah TQN Khathibiyah Sambas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan rohani Islam melalui metode zikir pada jamaah TQN Khathibiyah Sambas dan metode bimbingan rohani islam melalui zikir dalam membentuk regulasi emosi pada jamaah TQN Khathibiyah Sambas. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan dengan jenis kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan rohani islam melalui metode zikir di TQN Khathibiyah Sambas, dilakukan ketika kajian keislaman berlangsung. Pada kajian keislaman terdapat sesi dimana murid dan Mursyid mengamalkan zikir. Zikir yang diamalkan jamaah terbagi 2, zikir umum dan zikir khusus. Pada zikir khusus yang harus diamalkan jamaah ada dua zikir, yaitu zikir nafi isbat berupa kalimat “Laa ilaa haa illallah” dan zikir ismu dzat berupa kalimat “Allah”. Metode bimbingan rohani islam  melalui zikir dalam membentuk regulasi emosi pada jamaah TQN Khathibiyah Sambas, dikatakan mampu untuk menangani emosi negatif yang muncul, bisa mengontrol emosi, serta menstabilkan emosi agar tidak menimbulkan masalah baru akibat emosi yang tidak terkendali.

References

Adnan. (2022). personal communication. 26 Desember 2022.

Adnan Mahdi. (2018). Jalan Menggapai Ridha Allah. Pontianak. Derwati press.

Cole, P.M., Martin, S.E., & Dennis, T. . (2004). Emotion Regulation as A Scientific Construct Methodological Challenges anf Directions for Child Development Research. Child Development.

Jayadi. (2022). personal communication. 26 Desember 2022.

Jayadi, Z. M. (2015). Mengenal Thariqah Qadririyah Wa Naqsyabandiyah Syeikh Ahmad Khatib Sambas. Jakarta. Sedaun.

Kemenag. (2018). Alquran dan terjemahnya. Quran In MS Word. Version 3000.

Kumparan. (2024). Pengertian dan Sinonim Regulasi dalam Bahasa Indonesia (https://kumparan.com/berita-terkini/pengertian-dan-sinonim-regulasi-dalam-bahasa-indonesia-1zs5i2PAeyo/1). diakses pada Agustus 2024.

Lopes Et.all. (n.d.). Emotion Regulation and the Quality of Social Interaction; Does the ability to evaluate emotional situations and identify effective response matter? Journal of Personality. 79(2).

Marliani. (2010). Psikologi Umum. Bandung. CV Pustaka Setia.

Sabari. (2017). Komunikasi Simbolik Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah Khatibiyah Sambas. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2017.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Suminar, R. &. (2012). Hubungan Antara Peer Attachment dengan Regulasi Emosi Remaja Yang Menjadi Siswa di Boarding School SMAN 10 Samarinda. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan, 3(1).

Wardiana. (2004). Psikologi Umum. Jakarta. Bina Ilmu.

Published
2024-08-30
How to Cite
Riza Umami, Yusrain, & Enik Sartika. (2024). Bimbingan Rohani Islam Melalui Metode Zikir dalam Membentuk Regulasi Emosi pada Jamaah TQN Khathibiyah Sambas di Kecamatan Sambas. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 7(2), 77-84. https://doi.org/10.37567/syiar.v7i2.3155