Problematika Dakwah di Dunia Maya

  • A. Rafik Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Dakwah, Internet, Peluang, Tantangan

Abstract

Dakwah adalah proses menjadikan perilaku seorang muslim untuk menjalankan Islam sebagai agama Rahmatan lil Alamin yang harus didakwahkan kepada seluruh manusia. Dakwah bisa difahami sebagai proses internalisasi, ajaran Islam dalam kehidupan masyarakat. Adapun tujuan diadakannya dakwah tidak lain adalah untuk menumbuhkan pengertian, penghayatan, kesadaran, dan pengenalan terhadap ajaran agama yang dibawa oleh para juru dakwah. Secara umum, dakwah bertujuan untuk mengajak manusia kembali pada syariat dan hukum agama, agar manusia dapat mengatur dirinya sesuai dengan ketentuan agama. Dakwah di jaman sekarang ini harus mampu menyesuaikan dan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Dakwah harus bisa memanfaatkan setiap media massa yang ada sebagai sarana penyampaiannya. Internet adalah salah satu media massa yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat. Istilah lain dari internet dunia maya. Beberapa tahun belakangan ini, banyak da’i dan organisasi Islam yang memanfaatkan internet sebagai media dakwah. Internet sebagai salah satu media massa dinilai sangat efektif dan potensial bagi pengembangan dakwah dan syiar agama Islam dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya. Namun, di sisi lain internet tentunya juga memiliki kekurangan yang bisa menghambat penyampaian pesan dakwah.

References

Amrozi, Y. (n.d.). Pengembangan Strategi Dakwah.

Fauziah, M. (2006). Ilmu Dakwah. Kencana.

Hafidhuddin, D. (2000). No Title. Mitra Pustaka.

Maulana, A. M. R. (2022). Agama Digital (Digital Religion) dan Relevansinya Terhadap Studi Agama Interdisipliner: Sebuah Tinjauan Literatur. At-Tafkir, 15(2), Article 2. https://doi.org/10.32505/at.v15i2.4821

S, B. & M. (2010). Komunikasi Dakwah: Paradigma. Simbiosa Reatama Media.

Saputra, W. (2011). Ilmu Dakwah. Rajawali Pers.

Sirajudin, M. (2014). Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet. Jurnal Al Irsyad Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Alaudin Makasar, 1(1), 14.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D / Sugiyono (1st ed.). Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=911046

Tamburaka, A. (2013). Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Rajawali Pers.

Wati Riski, J. (2012). Dakwah dalam Masyarakat Dunia Maya. Dalam Jurnal Hikmah IAIN Padang Simpuan, 6(1), 92.

Yahya Umar, T. (1999). Ilmu Dakwah. Wijaya.

Published
2023-07-29
How to Cite
Rafik, A. (2023). Problematika Dakwah di Dunia Maya. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 6(1), 1-8. https://doi.org/10.37567/syiar.v6i1.561