Pengaruh Interaksi Sosial Kepala Sekolah Terhadap Guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Parit Berkat Sungai Kakap Kubu Raya
Abstract
Kepala sekolah mempunyai kewenangan fungsional untuk melakukan supervisi kepada para guru yang berada di bawah pimpinannya. Fungsi kepala sekolah dalam maningkatkan kinerja guru sangat diharapkan agar para guru dalam mengajar lebih cakap, terarah dan professional, sehingga lebih mudah dalam menangkap, mencerna dan kemudian merealisasikan dalam tugas sehari-hari. Guru merupakan figur sentral dalam penyelenggaraan pendidikan, guru adalah sosok yang sangat diperlukan untuk memacu keberhasilan peserta didiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana fungsi kepala Sekolah terhadap guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Parit Berkat Sungai Kakap Kubu Raya ? Bagaimana pengaruh interaksi sosial kepala sekolah terhadap guru? dan apa saja pengaruh fungsi kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Parit Berkat Sungai Kakap Kubu Raya?.B erdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan yang henhak dicapai dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui fungsi kepala sekolah di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Parit Berkat Sungai Kakap Kubu Raya. Untuk mengetahui Pengaruh Interaksi Sosial kepala sekolah terhadap kinerja guru dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh fungsi kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru di madrasah tersebut Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut: 1). Manfaat Teoritis Penelitian ini bisa memperkaya wacana keilmuan atau pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya tentang pengaruh interaksi sosial kepala sekolah dan guru yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak yang bertugas dan pengabdiannya berhubungan dengan dunia pendidikan. 2). Manfaat Praktis Sebagai bahan masukan bagi kepala sekolah untuk tugasnya sebagai administrator dalam upaya pelaksanaannya Sebagai bahan masukan bagi pengelola administrasi guru dapat menjalankan fungsinya sebagai pelaksanaan administrator sekolah dengan baik Sebagai bahan perbandingan bagi peneliti lain yang ingin mengadakan penelitian pada judul di atas dilokasi yang lain Sebagai bahan informasi untuk menambah wawasan peneliti dan para pembaca khususnya terhadap pengaruh interaksi sosial kepala sekolah dan guru di lingkungan sekolah/Madrasah.
References
Ahmad, L. I. (2017). Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 133–142. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i1.4133
Danim, S. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Kencana.
Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rinrka Cipta.
Dewantara, K. H. (1997). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. (2nd ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159
Kajian Konseling dan Pendidikan, J., Nurabdiah Pratiwi, S., & Ngayomi Yudha Wastuti, S. (2022). Kepemimpinan Transformasional dalam Menghadapi Era Digitalisasi. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 5(1), 101–108. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/biblio/article/view/9886
Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.
Mahardhani, A. J. (2016). Kepemimpinan Ideal Kepala Sekolah. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 1–4. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i2.82
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02.055
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2018). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.: : PT. Remaja Rosdakarya.
Palar, H. J., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Keterampilan Kepemimpinan Perguruan Tinggi pada Abad 21. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 130. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112139
Putra, P., & Syafrudin, S. (2020). Scramble Learning Model to Improve the Ability Reading the Quran in Elementary School/Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Ibtidaiyah. Journal AL-MUDARRIS, 3(1), 26. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.332
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Bandung:Alfabeta.
Susanto, A., & Soekanto, S. (2020). Dampak Implementasi Model Konstruktivisme Sosial dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 138–150.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2006). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
Ulfah. (2018). Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah dalam Membangun Kultur Organisasi di SMA Lazuardi GIS.
Yukl, G. (2009). Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: PT Indeks.



