Model-Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAS Miftahul Huda

  • Syamsul Arifin IAIN Pontianak, Indonesia
  • Sukino IAIN Pontianak, Indonesia
  • Sahri IAIN Pontianak, Indonesia
Keywords: Model-Model Evaluasi Pembelajaran;, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Evaluasi pembelajaran memiliki peran penting dalam memastikan keberhasilan proses belajar-mengajar, termasuk pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan memanfaatkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, serta telaah dokumen yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran SKI di MAS Miftahul Huda telah berupaya mengikuti prinsip universal, keberlanjutan, dan objektivitas, meskipun penerapannya belum sepenuhnya konsisten. Model evaluasi yang digunakan meliputi evaluasi formatif untuk memantau perkembangan belajar, evaluasi sumatif untuk menilai hasil akhir, serta model CIPP (Context, Input, Process, Product) sebagai pendekatan komprehensif dalam mengevaluasi program pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa kombinasi ketiga model evaluasi tersebut mampu memberikan gambaran menyeluruh mengenai kualitas pembelajaran SKI, di mana implementasi prinsip dasar evaluasi menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas dan kebermaknaan hasil pembelajaran.

References

Ahsan Nadya, Disa Devia dan Gusmaneli. (2024). Hakikat Evaluasi (Pengertian Pengukuran, Penilaian, Evaluasi; Fungsi & Tujuan Penilaian, Ciri-Ciri Penilaian Pendidikan). Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(2), 228–233. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i2.195
Akmalia, R., Oktapia, D., Hasibuan, E. E., Hasibuan, I. T., Azzahra, N., & Harahap, T. S. A. (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4089–4092.
Chairuna, Sasmita dan uli R. S. (2023). Hakikat Evaluasi Dalam Pendidikan Islam. Journal Of Education, 3 (2), 10–18.
Darmawan, I Putu Ayub dan Sujoko, I. P. A. D. dan E. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. Jurnal Satya Widya, 29 (1), 30–39.
Faiz, Aiman dan Nugraha Permana Putra. (2022). Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), penilaian (Assessmengt), dan Evaluasi (Evaluation) dalam pendidikan. Jurnal Education and Development. 10 (3), 492–495. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Hendriani. (2021). Tinjauan sistematis studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Mediapsi, 7 (2), 119–129. https://doi.org/10.21776/ub.mps.2021.007.02.4
Hidayatulloh, M. S., dan Mardiyah, M. (2022). Studi Komparasi Kma No. 183 Tahun 2019 Dengan Kma No. 165 Tahun 2014 Tentang Pedoman Kurikulum 2013 Materi Pai Dan Bahasa Arab. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i1.836
Ismanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam ( PAI ). Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 211–236.
Mukit, A., Hosen, H., Ghazali, Z. I., Hidayat, T., & Ahmad, Z. R. (2023). Tinjaun Hakikat Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Aqlamuna: Journal of Educational Studies, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.58223/aqlamuna.v1i1.214
Munaroh, N. L. (2024). Asesmen dalam Pendidikan : Memahami Konsep, Fungsi dan Penerapannya. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3 (3), 281–297.
Published
2025-06-30