Optimalisasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPIT Bengkulu Selatan

  • Muhammad Shidiq UIN Fatmawati Bengkulu, Indonesia
  • Desy Eka Citra Dewi UIN Fatmawati Bengkulu, Indonesia
Keywords: Optimization; Academic Supervision; Learning Quality

Abstract

Supervision plays a very important role in improving the quality of learning. Supervision or supervisors have a strategic role in providing services to teachers who have difficulties or a decrease in their competence. Therefore, academic supervision is one of the important programs that must be implemented by school principals in fostering teachers to improve learning quality. The purpose of this study was to determine the improvement of learning quality through academic supervision. The research method used is descriptive qualitative method. Data collection techniques used by observation, documentation, and principal interviews. Primary data sources were generated from observation, documentation and interviewing the principal at SMPIT Al-Qolam, and secondary data were generated from documents, journals and books. The results showed that: Academic Supervision in Junior High School (SMP) has been carried out planning, organizing, implementing, guided by predetermined planning, has carried out learning evaluation, so that it can be known to improve the quality of learning.

References

Abu, Sri Nurhidah. “PEMBINAAN GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.” Vol. 2, 2014.
Andela, Fuji, Bambang Haryanto, Sofia Murni, dan Zipen Apriansyah. “Fungsi Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Al Baani Kota Bengkulu.” Jurnal Al-Khair, 28 Juni 2020, 160. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i2.2905.
Anggita Sari, Wiwin. “PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU.” Vol. 3, 2018.
Aziz, Amrullah. “SUPERVISI PENDEKATAN KLINIK.” PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam 12, no. 1 (2017): 2579–7131.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
Fauzi Fahmi. “STANDAR PROSES DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH.” PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (17 Agustus 2021): 1–16. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i1.60.
Heny Nirmayani Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, L. “EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar Melalui Model Pengajaran Bermain Peran” 1, no. 2 (2020): 207–15. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi.
Ilham, Ilham. “Kebijakan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 2, no. 3 (15 Agustus 2021): 154–61. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.70.
Imam Machali, dan Ara Hidayat. The handbook of education management. Prenada Media Group., 2018.
Khairiah, Khairiah, Zulfi Mubaraq, Asmendri Asmendri, Suswati Hendriani, Dahniar Th. Musa, dan Adison Adrianus Sihombing. “Delegitimization of leadership in overcoming difficulties in online learning during the COVID-19 pandemic.” World Journal on Educational Technology: Current Issues 14, no. 3 (31 Mei 2022): 726–39. https://doi.org/10.18844/wjet.v14i3.7209.
Kurniawati, Emilia, Yasir Arafat, dan Yenny Puspita. “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah.” Journal of Education Research 1, no. 2 (30 Oktober 2020): 134–37. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12.
Lalupanda, Erfy Melany. “Implementasi supervisi akademik untuk meningkatkan mutu guru.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 7, no. 1 (16 April 2019): 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276.
Madrasah, Pembelajaran Di, Aliyah Negeri, Tanah Jambo, dan Aye Jufrizal. “SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATAN MUTU.” Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2, t.t.
Mediatati, Nani, dan Dionisius Heckie Puspoko Jati. “Supervisi Kepala Sekolah: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 6, no. 3 (31 Oktober 2022): 422–31. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.48774.
Mulyasa, H.E. Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Musyadad, Vina Febiani, Hanafiah Hanafiah, Rahman Tanjung, dan Opan Arifudin. “Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 6 (17 Juni 2022): 1936–41. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653.
Nur Asnani Nasmin, Andi, Nurqarirah Arifin, Danial Rahman, Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Sma Swasta Islam Terpadu Al Hikmah Amanah Ummah Maros, dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Chaeriyah Mamuju. “SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN.” Journal of Management Education. Vol. 3, t.t.
Nurfatah, Nurfatah, dan Nur Rahmad. “PELAKSANAAN SUPERVISI OLEH KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 3, no. 1 (10 April 2018). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1585.
Pasha Akhmad, Fajar Azzam. “Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI SD di Kecamatan Tambun Selatan.” PARAMETER 7, no. 1 (2 Februari 2022): 26–40. https://doi.org/10.37751/parameter.v7i1.185.
Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, Jurnal, Tiarma Lasmaria Manurung, Ulung Napitu, dan Anggiat Sinurat. “MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 RONGGURNIHUTA MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH IMPROVING TEACHER PERFORMANCE IN SMP NEGERI 1 RONGGURNIHUTA THROUGH ACADEMIC SUPERVISION OF PRINCIPLE OF THE SCHOOL.” Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan 11, no. 1 (2023): 10–19. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue1year2023.
Piet A. Sahertian. Konsep dasar dan teknik supervisi pendidikan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Ramadhan, Ahmad. “Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kabupaten Majene.” Journal of Educational Science and Technology (EST) 3, no. 2 (28 Agustus 2017): 136. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579.
Ramadina, Rifda, Nadia Sabrina Siregar, Arya Tantri, Nurul Anjani Daulay, Malik Ubaydillah, dan Muhammad Rizki. “Peran Supervisi Pendidikan Terhadap Peningkatan Mutu Belajar dan mengajar.” SUBLIM, 2023. https://ummaspul.e-journal.id/Sublim.
Rezki Reza STAI Rakha Amuntai, Muhammad, Kalimantan Selatan, dan Syahrani STAI Rakha Amuntai. “PENGARUH SUPERVISI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA TENAGA PENGAJAR.” Educatioanl Journal: General and Specific Research 1 (2021): 84–92.
Riwanto, Agus, Titik Haryati, dan I Made Sudana. “SUPERVISI AKADEMIK DALAM PENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI.” Agustus. Vol. 12, 2023.
Rudy Lesmana, Andreas, Derizky Anggita, Stit Ibnu Rusyd Tanah Grogot, Jl Negara, Tanah Periuk, Kec Tanah Grogot, Kab Pasar, dan Kalimantan Timur. “Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMKN 4 Tanah Grogot.” Journal on Education 05, no. 02 (2023).
Rusman. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme guru . Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012.
Subhi, Imam. “Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid 19.” Edification Journal 3, no. 1 (4 Agustus 2020): 35–56. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.213.
Sulaeman, Devi, Rini Novianti Yusuf, Wika Karina Damayanti, dan Opan Arifudin. “Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (1 Maret 2022): 71–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3035.
Sunaedi, Ahmad, Hamdi Rudji, dan Universitas Muhammadiyah Palu. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli.” Journal of Educational Management and Islamic Leadership 02, no. 02 (2023): 2023.
Sutikno, Yadi. “Peran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Jurnal Maitreyawira 3, no. 2 (2022).
Wandra, Dedi, Sufyarma Marsidin, dan Rifma Rifma. “Peranan Supervisi Pengawas Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 6 (20 Juli 2021): 3647–53. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.977.
Wirejati, Wirejati. “PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX.A SMPN 7 PUJUT PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS.” Jurnal Paedagogy 6, no. 2 (14 Oktober 2019). https://doi.org/10.33394/jp.v6i2.2532.
Yusak Burhanuddin. Administrasi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Yusmadi, Jamaluddin Idris, dan Nasir Usman. “PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 SIGLI.” Pascasarjana Universitas Syiah Kuala 14, no. 1 (t.t.): 2012–82.
Published
2023-12-28
Section
Articles