PENDIDIKAN KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN: STUDI TERHADAP AYAT-AYAT TENTANG PERINTAH MENJAGA KESEHATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun kerangka konseptual pendidikan kesehatan yang komprehensif melalui analisis sistematis dan tematik (maudhu'i) terhadap ayat-ayat al-Qur'an tentang perintah menjaga kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research. Penelitian ini menganalisis data primer dari al-Qur'an dan kitab tafsir klasik-kontemporer, didukung sumber sekunder dari literatur keislaman dan kesehatan modern. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa al-Qur'an mempresentasikan paradigma kesehatan holistik yang mengintegrasikan empat dimensi: jasad (fisik), nafs (psiko-emosional), aql (intelektual-kognitif), dan ruh (spiritual-transendental). Penelitian ini mengidentifikasi empat prinsip dasar pendidikan kesehatan Qur'ani: pencegahan (al-wiqaayah), keseimbangan (al-tawazun), kemurnian (al-thaharah), dan tanggung jawab (al-mas'uliyyah), yang diimplementasikan melalui metode multidimensi berupa keteladanan (al-qudwah), nasihat tepat (al-mau'izhah), dan pembiasaan (al-ta'wid). Penelitian menunjukkan konvergensi signifikan antara wisdom kesehatan dalam al-Qur'an dengan temuan ilmiah modern, sekaligus meneguhkan landasan spiritual-etika yang melengkapi pendekatan sekuler. Kerangka yang dihasilkan menawarkan model pendidikan kesehatan integratif yang relevan untuk pengembangan strategi promosi kesehatan kultural-sensitif, kurikulum kesehatan berbasis nilai, dan kebijakan kesehatan holistik, khususnya bagi populasi Muslim.
References
Al-Qur'an al-Karim. (n.d.). The Noble Qur'an. Madinah: King Fahd Complex for the Printing of the Holy Qur'an.
Al-Kholani, A. I. (2014). The effect of ablution on the oral hygiene and periodontal health of dental students. Journal of Islamic Medical Association, 46(2), 45-52.
Bakar, A. B., Ali, R., & Hassan, M. F. (2018). The health benefits of Islamic prayer: A systematic review. Journal of Religion and Health, 57(3), 1-15. https://doi.org/10.1007/s10943-018-0570-x
Bandura, A. (1977). Social learning theory. Prentice Hall.
Cloninger, C. R., Svrakic, D. M., & Przybeck, T. R. (1993). A psychobiological model of temperament and character. Archives of General Psychiatry, 50(12), 975-990.
Crews, F. T., He, J., & Hodge, C. (2007). Alcohol and neural development. In M. Miller (Ed.), Brain development: Normal processes and the effects of alcohol and nicotine (pp. 145-164). Oxford University Press.
Ibnu Katsir. (1999). Tafsir al-Qur'an al-'Azim. Beirut: Dar al-Kutub al-'Ilmiyyah.
Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. (1998). Zad al-Ma'ad fi Hadyi Khair al-'Ibad. Beirut: Muassasah al-Risalah.
Koenig, H. G. (2012). Religion, spirituality, and health: The research and clinical implications. ISRN Psychiatry, 2012, 1-33. https://doi.org/10.5402/2012/278730
Lally, P., van Jaarsveld, C. H. M., Potts, H. W. W., & Wardle, J. (2010). How are habits formed: Modelling habit formation in the real world. European Journal of Social Psychology, 40(6), 998-1009. https://doi.org/10.1002/ejsp.674
Martuzzi, M. (2007). The precautionary principle: In action for public health. Occupational and Environmental Medicine, 64(9), 569-570. https://doi.org/10.1136/oem.2006.030601
Newberg, A. B. (2010). Principles of neurotheology. Routledge.
Newberg, A. B., & Waldman, M. R. (2009). How God changes your brain. Ballantine Books.
Pollan, M. (2008). In defense of food: An eater's manifesto. Penguin Press.
Al-Qurthubi. (2006). Al-Jami' li Ahkam al-Qur'an. Kairo: Dar al-Kutub al-Mishriyyah.
Regenstein, J. M., Chaudry, M. M., & Regenstein, C. E. (2003). The kosher and halal food laws. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety, 2(3), 111-127. https://doi.org/10.1111/j.1541-4337.2003.tb00018.x
Salah, R., Al-Haq, A., & Al-Matari, M. (2016). Hygienic practices in Islam: Public health perspectives. Journal of Religion and Health, 55(4), 1256-1266. https://doi.org/10.1007/s10943-016-0256-1
Sapolsky, R. M. (2004). Why zebras don't get ulcers (3rd ed.). Holt Paperbacks.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur'an (Vol. 1-15). Lentera Hati.
WHO. (2020). Healthy diet. World Health Organization. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/healthy-diet
WHO. (2021). Preventive disease. World Health Organization. https://www.who.int/health-topics/preventive-disease
Wood, W., & Neal, D. T. (2016). Healthy through habit: Interventions for initiating & maintaining health behavior change. Behavioral Science & Policy, 2(1), 71-83. https://doi.org/10.1353/bsp.2016.0008
World Cancer Research Fund. (2018). Diet, nutrition, physical activity and cancer: a global perspective. Continuous Update Project Expert Report. https://www.wcrf.org/dietandcancer



