EFEKTIVITAS PELAYANAN UPT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) DI KABUPATEN BENGKALIS

  • Ayu Indah Fajar Waty Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, Indonesia
  • Abdul Sadad Program Studi Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, Indonesia
Keywords: Effectiveness, Service, UPT PKB

Abstract

The Technical Implementation Unit (UPT) of Motor Vehicle Testing (PKB) of the Bengkalis Regency Transportation Service provides services to carry out mandatory testing of motorized vehicles. The services carried out are with the aim of creating effective services so that they can make the service process fast, easy, uncomplicated and precise. In the course of the service process, there are factors that become obstacles in the effort to realize effective services, namely the lack of human resources, especially the testing staff. This study has a purpose, namely to determine the effectiveness of the services carried out by the UPT Motor Vehicle Testing (PKB) Bengkalis Regency. The theoretical concept that the researcher uses is the theory of effectiveness by Steers in Tangkilisan (2005:140-141). By using qualitative research methods and data collection techniques based on interviews, observations and documentation. The results of the research that the authors get are that the implementation of their services still has factors that become obstacles experienced by the UPT Motor Vehicle Testing (PKB) Bengkalis Regency, so that the services implemented have not been effective.

References

Bintoro., dan Daryanto. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media.
Creswell, J.W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fabiola, A., dan Fanida, HS. Efektivitas Pelayanan Uji Kir di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Wiyung Melalui Aplikasi E-Dishub.
Fatrunisah, I., Afifuddin., dan Suyeno. (2021). Efektivitas Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Uji Kendaraan Bermotor (Studi Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Ende). Jurnal Respon Publik, Vol. 12, No. 4, Hal: 30-38.
Firdaus, R. (2019). Efektivitas Pelayanan Admnistrasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I Lagaligo Kabupaten Luwu Timur. Jurnal I La Galigo | Public Administration Journal , Vol. 2 No. 2.
Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Hardiyansyah. (2017). Manajemen Pelayanan dan Pengembangan Organisasi Publik. Yogyakarta: Gava Media.
Hertati, R. E. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal , 136-149.
Hery. (2019). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Grasindo.
Japami, W. (2019). Efektivitas Pelayanan Keliling Online Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Datar. JMIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) , Vol. 20 No. 1.
Miles, M dan Huberman, M. (2014). Analisis Data Kualitatif. UI-Press.
Muhammad Ali, M. A. (2019). Efektivitas Pelayanan Digital Program Samsat Keliling di Kota Mataram. Jurnal Ilmu Administrasi Publik (JIAP) , Vol. 7 No. 1.
Nuradha, I. (2021). Pelaksanaan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Rokan Hulu Terhadap Truck Pengangkut Sawit di Kecamatan Ujungbatu Berdasarkan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Sondari, S., dan Suparman, A. (2019). Efektivitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Berkala di Dinas Perhubungan Kabupaten Subang. Jurnal Unsub, Vol. 1 No. 2.
Tangkilisan, Hessel N.S. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo
Wance, M. (2018). Efektivitas Pelayanan Transportasi Publik (Studi Pelayanan PT. ASDP Pelabuhan Bastiong Tahun 2017). Jurnal Of Government (JOG) , Vol. 3 No. 2.




Peraturan
Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 63 Tahun 1993 tentang Persyaratan Ambang Batas Laik Jalan Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, Kereta Tempelan, Karoseri dan Bak Muatan serta Komponen-Komponennya;
Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 9 Tahun 2004 tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor;
Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis No 11 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum.
Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK 2922/ AJ 402/ DRJD/ 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK. 2874/ AJ.402/ DRJD/ 2017 tentang Pedoman Teknis Bukti Lulus Uji Berkala Kendaraan Bermotor.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 156 Tahun 2016 tentang Kompetensi penguji kendaraan bermotor;
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 133 Tahun 2015 tentang Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.
Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.
Peraturan Bupati BengkalisNomor 35 Tahun 2015 Tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor Pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bengkalis.
Published
2022-07-25