MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA pada MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION pada KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Marlina Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan
Keywords: : Aktivitas Belajar, IPS, Group Investigation

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada muatan IPS menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada kelas IV SDN Pasar Lama 6 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan tes.  Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran group investigation dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

 

References

A’la, M. 2012. Quantum Teaching. Yogyakarta: DIVA Press
Aliwu, Y., Amiruddin, H., dan Amran, R. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN No. 1 Labuan Bajo. E-Jurnal Mitra Sains, Volume 4 Nomor 2, (Online), (http://mrtg.untad.ac.id/index.php/MitraSains/article/view/213/148) diakses 12 Oktober 2020
Amberansyah dan Marhamah. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar PKn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Means-Ends Analysis (Mea) dan Word Square pada Siswa Kelas IV SDN Teluk Dalam II Banjarmasin. Prosiding Seminar PS2DMP ULM, Vol. 3, No. 1, (Online), (https://www.pgsd-unlam-net/tenaga-edukatif), diakses 12 Oktober 2020.

Artini, Marungkil, P., dan Sarjan, M. H. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. E-Jurnal Mitra Sains, Volume 3 Nomor 1, (Online), diakses 12 Oktober 2020.
Asmar, M. dan Siti, N. 2014. Upaya Meningkatkan Aspek Nilai-Nilai Agama dan Moral dalam Membedakan Perbuatan Baik dan Buruk Menggunakan Model Examples Non Examples dengan Variasi Media Papan Flanel pada Anak Kelompok B TK Puspa Kencana Banjarmasin. Jurnal Paradigma, Vol. 9 No. 1, (Online), (https://www.pgsd-unlam-net/tenaga-edukatif), diakses 12 Oktober 2020.

Maryani dan Syamsuddin. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal. Vol. 9 No. (1). Halaman 5

Novitawati. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Sifat-sifatnya dengan Model Pembelajaran Group Investigation dan Media KIT IPA pada Siswa Kelas V SDN Keraton 3 Martapura. Jurnal Paradigma, Vol 10 No. (1), (Online), (https://www.pgsd-unlam-net/tenaga-edukatif), diakses 12 Oktober 2020.
Purnamasari, U.A., Arifuddin, M., dan Sri, H. 2018. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada mata Pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal, (Online), (https://ppip.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/vie/4471) diakses 12 Oktober 2020
Rusman. 2012. Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada
Shaleh, M dan Nooridawati. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Gaya melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Divariasikan Numbered Heads Together pada Siswa Kelas IV SDN Teluk Tiram Banjarmasin. Jurnal Paradigma, Vol. 9, No. 2, (Online), (https://www.pgsd-unlam-net/tenaga-edukatif), diakses 12 Oktober 2020
Sudewi, N., L., Wayan, S., dan Nyoman, T. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA , Vol. 4.
Susanto. 2013. Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahyudi, M., D dan Deni, P. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD pada Materi Gaya melalui Model Pembelajaran Group Investigation Variasi dengan Direct Instruction. Jurnal Paradigma, Vol. 9, No. 1, (Online), (https://www.pgsd-unlam-net/tenaga-edukatif), diakses 12 Oktober 2020.
Published
2020-11-19
Section
Articles