PERAN KRITIS KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN
Abstract
Kepemimpinan merupakan faktor kunci dalam mempengaruhi kualitas manajemen pendidikan. Abstrak ini mengulas tentang peran kritis pemimpin dalam mengembangkan dan melaksanakan visi, strategi, dan kebijakan yang dapat meningkatkan efektivitas pendidikan. Dengan fokus pada kompetensi manajemen sumber daya dan pembangunan kerjasama yang kuat antara semua pemangku kepentingan, pemimpin pendidikan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan efisien. Selain itu, kepemimpinan efektif juga vital dalam membentuk budaya organisasi yang positif, yang mendukung kolaborasi dan meningkatkan kinerja pendidikan. Melalui pendekatan kepemimpinan transformatif, pemimpin diharapkan dapat menginspirasi perubahan signifikan dalam praktik pendidikan untuk mencapai peningkatan kualitas secara keseluruhan. Penelitian ini menyoroti pentingnya kepemimpinan visioner dalam menghadapi tantangan pendidikan modern dan menciptakan lulusan yang siap untuk tantangan masa depan.
References
Andriani, D. E., Annisa, R., Rahmat, B., Isbianti, P., Suyud, S., Lestari, S., & Kristyningsih, D. M. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Kepala Sekolah di Tahun Pertama Krisis Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(2), 115–130. https://doi.org/10.21831/jump.v3i2.48430
A’yuni, S. Q., & Hijrawan, R. (2020). Analisis Kritis Kepemimpinan Pendidikan Islam Berdasarkan Syarat Dan Ciri-Ciri Kepemimpinan Yang Ideal. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 68–83. https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i2.94
Baharuddin, B., & Nursita, L. (2020). KEPEMIMPINAN DALAM SUPERVISI PENDIDIKAN DI MADRASAH. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 249–249. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16798
Basirun, B., & Turimah, T. (2022). Konsep Kepemimpinan Transformasional. Mindset: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Query date: 2024-10-08 08:21:13, 34–41. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i1.28
Fawait, A., Siyeh, W. F., & Aslan, A. (2024). ISLAMIC EDUCATION MANAGEMENT STRATEGIES IN IMPROVING THE QUALITY OF LEARNING IN MADRASAS. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(2), 657~665-657~665.
Firman, F.-. (2018). PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Query date: 2024-05-25 20:59:55. https://doi.org/10.31227/osf.io/4nq5e
Guna, B. W. K., Yuwantiningrum, S. E., Firmansyah, S, M. D. A., & Aslan. (2024). Building Morality and Ethics Through Islamic Religious Education In Schools. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 5(1), 14–24. https://doi.org/10.37567/ijgie.v5i1.2685
Haekal, M. (2021). ASPEK SUSTAINABILITAS DI PERGURUAN TINGGI ISLAM: ANTARA KONSEP DAN PRAKTIK KEPEMIMPINAN BERKELANJUTAN. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 179–190. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i2.673
Hanim, Z., Sari, D. S., & Soe’oed, R. (2020). Kebijakan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(1), 43–60. https://doi.org/10.21831/jump.v2i1.30672
Hasanah, A., & Kultsum, U. (2020). How Principals of Madrasah Ibtidaiyah Negeri Dealt with Obstacles. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jump.v2i2.34510
Hidayat, A., Muspawi, M., Rahman, K. A., & Ronansyah, M. F. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 4(2), 162–181. https://doi.org/10.21831/jump.v4i2.60500
Iksal, I., Hayani, R. A., & Aslan, A. (2024). STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION AS A RESPONSE TO THE CHALLENGES OF THE TIMES. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(3), 761~774-761~774.
Irwan, I., Arnadi, A., & Aslan, A. (2024). DEVELOPING CRITICAL THINKING SKILLS OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS THROUGH INDEPENDENT CURRICULUM LEARNING. Indonesian Journal of Education (INJOE), 4(3), 788~803-788~803.
Ismail, I. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 2(1), 1–21. https://doi.org/10.51700/manajemen.v2i1.260
Judijanto, L., Shodiqin, R., & Aslan. (2024). SOCIAL SOLIDARITY IN THE DIGITAL AGE: CHALLENGES AND OPPORTUNITIES. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 2(3), 357–368.
Na’im, Z. (2022). ETIKA KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN KORELASINYA TERHADAP KINERJA. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 195–210. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.972
Ngadin, S. M. (2022). KEPEMIMPINAN YANG EFEKTIF DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 235–246. https://doi.org/10.24252/edu.v1i2.26459
Nisa, K. (2022). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(2), 19–19. https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i2.7339
Rofifah, I. R., & Sukataman, S. (2023). Kepemimpinan Pendidikan pada Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Cakrawala Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 7(1), 62–75. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v7i1.1161
Rohmah, L. (2024). Kepemimpinan Pendidikan Dalam Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v6i1.9039
Rostiawati, E. (2020). EFEKTIFITAS MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DALAM MENCIPTAKAN GOOD GOVERNANCE. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.965
Saputra, F. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan Manajemen Sekolah. SKILLS : Jurnal Riset Dan Studi Manajemen Pendidikan Islam, Query date: 2024-10-08 08:21:13, 46–56. https://doi.org/10.47498/skills.v1i1.1048
Sartika, E., & Fransiska, F. W. (2024). UNDERSTANDING THE STUDENTS’ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT AND HOME ENVIRONMENT SUPPORTS DURING SCHOOL CLOSURE TO RESPOND TO PANDEMIC AT PRIVATE MADRASAH