Manajemen Kerja Sama Sekolah Dengan Orang Tua Siswa Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak Di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat
Abstract
Manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak adalah penelitian yang mengkaji suatu usaha yang dilakukan bersama antara sekolah dan orang tua untuk menangani serta mengembangkan perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini ialah Untuk mengetahui manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua siswa dalam mengoptimalkan perkembangan anak di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat, Untuk mengetahui bentuk keberhasilan pelaksanaan manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua siswa dalam mengoptimalkan perkembangan anak di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat, Untuk menge- tahui faktor penghambat dan pendukung manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua siswa dalam mengoptimalkan perkembangan anak di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; terkait dengan fungsi manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak d TK Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian cukup efektif dengan program-program yang telah disusun. (2) bentuk keberhasilan manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak yaitu meningkatnya perkembangan anak dari aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional, program kerja sama yang berjalan baik, bertambahnya sarana pembelajaran anak, serta meningkatnya prestasi sekolah. (3) Faktor pendukung yaitu sikap kepemimpinan dari kepala sekolah yang mengedepankan asas kekeluargaan, dan keadilan, kemudian rasa tanggung jawab yang besar dan motivasi yang kuat dari para guru, serta adanya kemauan yang kuat dari orang tua siswa untuk menjalin kerja sama. Sedangkan faktor penghambat berupa: perasaan kelelahan yang dialami oleh beberapa guru, kesibukan dari orang tua dikarenakan oleh tuntutan profesi, sikap acuh tak acuh tentang pentingnya kerja sama dari beberapa orang tua siswa.
References
Departemen Pendidikan Nasional, Acuan Operasional Dan Indikator Kinerja
Dokumentasi TK. Negeri Pembina Sambas, data diperoleh dari observasi selama 2 bulan (21 Januari sampai 21 Maret).
E. Mulyasa, 2007, Manajemen Berbasis Sekolah, (Konsep, Strategi, Dan Implementasi), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchjana, Hubungan Masyarakat Suatu Komunikologis. Fatah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan.
Hasbullah, 2001, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Mansur, 2014, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Margono, 2004, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, Lexy J., 2004, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, Zulkarnain, 2010, Manajemen Di sekolah, Malang: UMM Press.
Wawancara dengan Bapak Misni Komite TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat, tanggal 10 Maret 2016.
Wawancara dengan Ibu Loviana orang tua Mila siswa kelas B3 TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat, tanggal 02 Maret 2016, Jam 15.30-15.50.
Wawancara dengan Ibu Wahdah Guru Kelas B4 TK. Negeri Pembina Sambas
Wawancara dengan Ibu Widiya orang tua Daffa siswa kelas B4 TK. Negeri Pembina Sambas
Wawancara Ibu Monalisa Guru Kelas A2 TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat, tanggal 03 Maret 2016, Jam 11.05-11.35.
Wawancara Ibu Musfayati Kepala TK. Negeri Pembina Sambas
Wawancara Ibu Nina Guru Kelas B2 TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat, tanggal 10 Maret 2016, Jam 09.45-09.15.
Wawancara Ibu Ria orang tua Dion siswa kelas B1 TK. Negeri Pembina Sambas
Wawancara Ibu Waode Amimi Guru Kelas A1 TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat, tanggal 18 Februari 2016, Jam 10.45-11.40.
Wawancara Ibu Wulan orang tua Kesy siswa kelas A1 TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat, tanggal 28 Februari 2016, Jam 13.00-13.30.