VARIASI METODE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Ubabuddin dan Umi Nasikhah Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Variasi, Metode Pembelajaran

Abstract

Pendidikan bagian integral dari kehidupan masyarakat di era global harus bisa memberikan dan memfasilitasi bagi tumbuh dan berkembangnya intelektual, sosial, dan personal. Pendidikan harus bisa menumbuhkan berbagai potensi yang ada dalam diri siswa, keterampilan intelektual, sosial dan personal, tidak hanya dengan landasan rasio dan logika saja, tetapi juga inspirasi, kreativitas, moral, emosi dan juga spiritualnya. Salah satu tujuan pendidikan adalah membentuk diri yang agamis dan berakar pada hati nurani, sikap yang agamis akan memisahkan anak dari kebiasaan atau perilaku buruk dan sifat-sifat negatif. Akan tetapi tujuan pendidikan akan sulit tercapai manakala dalam proses pembelajaran kurang memperhatikan metode pembelajaran yang digunakan. Pemakaian metode yang tepat sangat membantu terhadap keberhasilan materi yang disampaikan, oleh karena itu metode harus dipilih sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Karena tidak ada sebuah metode yang paling baik untuk semua materi, maka pemakaian metode harus disesuaikan dengan materi masing-masing

References

Daryoto, 2014. “Penerapan Meode Every One Is Teaher Here dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa”, Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universtas Sunan Kalijaga.
Dimyati dan Mujiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, Jakarta: Rineka Cipta.
------------------------------- dan Aswan Zain, 2014. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrahman, Pupuh, dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Hasibunan dan Moedjiono, 2001. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Roesdakarya.
Herningtyas, Diani 2013. “Implementasi metode Every One Is Teacer Here Berbantuan Media Kliping Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran”, Skripsi Semarang: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri semarang.
Ismail, 2011. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group.
Majid, A., 2008. Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
ajid, Abdul, 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mufarrokhah, Anissatul, 2009. Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras.
Mujib, Abdul, 2006. Ilmu Pendidikan islam, Jakarta: Kencana.
Mulyasa, A 2006. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyono, 2012. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global, Malang: UIN Maliki Press.
Podo, Hadi, 2003. Pandai Berbahasa Inggris Kamus Ungkapan Indonesia-Inggris, Jakarta: Gramedia.
Ramayulis, 2008. Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Roestiyah N. K, 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, cet 8
Setiawan, Conni. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.
Slameto. 1991. Proses Pembelajaran dalam Sistem Kredit Semester Jakarta: Bumi Aksara.
Suryabrata, Sumadi, 2007. Psikologi Pendidikan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Thoha, Chabib, dkk. 1999. Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Ketiga, Jakarta: Balai Pustaka.
Usman, M. Basyaruddin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press.
Published
2020-06-03
Section
Articles