PENGEMBANGAN KOMPETENSI SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan kompetensi supervisi akademik pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil studi menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan pengembangan kompetensi supervisi akademik pengawas PAI adalah dengan merancang program yang sesuai dengan dinamika dan kebutuhan di lapangan. Pengembangan kompetensi supervisi akademik pengawas PAI harus dirancang dengan memperhatikan dua hal pokok, yakni personal pengawas dan lembaga (instansi) yang berwenang dalam melakukan pembinaan kepada pengawas. Kedua, pelaksanaan pengembangan kompetensi supervisi akademik pengawas PAI dapat diupayakan melalui langkah-langkah: a) meningkatkan kesadaran dan kedisplinan para pengawas untuk hadir melakukan tugas kepengawasan di sekolah secara rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan; b) meningkatkan kompetensi akademik para pengawas melalui beberapa kegiatan yang mendukung; c) mendorong kreativitas pengawas dalam menggunakan metode yang variatif dalam kegiatan supervisi; dan d) mendorong pengawas untuk memperbanyak kontribusi terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah
References
Danim, Sudarwan. 2006. Profesi Kependidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Pengawas Sekolah: Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan.
__________________________ . 2009. Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Pengawas Sekolah: Dimensi Kompetensi Supervisi Akademik. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan.
Kydd .L, Crawford M. & Riches, C. (ed). 1997. Professional Development for Educational Management, terj. Ursula Gyani. Jakarta: Grasindo.
Nawawi, Hadari. 1989. Administrasi Pendidikan. Jakarta: CV. Mas Agung.
Peraturan Menteri Agama RI Nomor: 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah. Jakarta: Depag RI.
Purwanto, Ngalim. 2006. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sahertian, Piet A. dan Mataheru, Frans. 1981. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sudjana, Nana. 2006. Standar Mutu Pengawas. Jakarta: Depdiknas.
Surakhmad, Winarno. 1997. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Surat Keputusan Menteri PAN No. 118 Tahun 1996.
Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.