Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Terhadap Anak Pada Keluarga Broken Home Di Dusun Ramin Condong Desa Matang Labong Kecamatan Tebas Tahun 2023

  • Nurul Huda Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Aslan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
  • Asyruni Multahada Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Internalisasi ; Pendidikan Akhlak ; Keluarga Broken Home

Abstract

Penelitian ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap anak pada keluarga broken home di Dusun Ramin Condong Desa Matang Labong Kecamatan Tebas. Tujuan penelitian ini diantaranya sebagai berikut; Pertama, mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang di internalisasikan pada anak dalam keluarga broken home di Dusun Ramin Condong Desa Matang Labong Kecamatan Tebas Tahun 2023. Kedua, mengetahui tahap internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap anak dalam keluarga broken home di Dusun Ramin Condong Desa Matang Labong Kecamatan Tebas Tahun 2023.

 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data atau penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member check.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai-nilai pendidikan akhlak yang diinternalisasikan pada anak dalam keluarga broken home di Dusun Ramin Condong Desa Matang Labong Kecamatan Tebas meliputi: Pertama, nilai pendidikan akhlak terhadap Allah Swt., yang ditunjukkan dalam bentuk aktivitas belajar membaca Al-Qur’an menjelang waktu magrib dan membantu anak untuk taat melaksanakan shalat. Kedua, akhlak terhadap orang tua, diantaranya belajar menghormati dan bersikap sopan santun kepada orang tua, akhlak terhadap orang lain, yang ditunjukkan dengan belajar menghargai perasaan orang lain, membiasakan anak mengucap dan menjawab salam, memiliki sopan santun terhadap orang lain contohnya  dengan meminta izin ketika hendak lewat di depan orang yang lebih tua. Terakhir, nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri yang diinternalisasikan berupa mengajarkan anak untuk menyelesaikan tugas sekolahnya sebagai bentuk menjalankan anamah dan bertanggung jawab, mengingatkan waktu belajar mengaji anak sebagai bentuk disiplin, dan memberikan kepercayaan pada anak untuk menanamkan sikap kejujuran dalam diri anak; 2) tahap internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap anak dalam keluarga broken home di Dusun Ramin Condong, Desa Matang Labong, Kecamatan Tebas Tahun 2023 dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap transformasi nilai (menginformasikan dan mensosialisasikan nilai), tahap transaksi nilai (dilakukan melalui metode-metode pendidikan akhlak), dan tahap transinternalisasi nilai (memberikan pengawasan  pada anak, dapat berupa nasihat dan ganjaran serta apresiasi).

References

A, Musfiroh, I. 2014. “Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali,” Jurnal Syamil, Vol. 2, No. 1/Tahun 2014, hlm. 68.
Ahmad, Abu dan Noor Salim. 2008. Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam: Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ali, Mohammad Daud. 2000. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anwar, Roshikhon. 2014. Akidah Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.
Bafadhol, Ibrahim. 2017. “Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam,” Jurnal Edukasi Islam, Vol. 06, No. 12/Tahun 2017, hlm. 46.
Cahpin, J. P. 2005. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.
Thoha, Chabib. 2006. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Elmubarok, Zaim. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabet.
Hifza, Dkk. 2017. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. Sambas: Fakultas Tarbiyah Institut Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas.
Muhaimin. 2008. Paradigma Pendidikan Agama Islam. Cet. IV. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pembayun, Ellys Lestari. 2013. One Stop Qualitative Research Methodology In Communication. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.
Rusli. 2020. “Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam Oleh Pembina Kepada Himpunan Anak Pecinta Islam (Hapis) Di SMAN Negeri 3 Teluk Keramat Tahun Pelajaran 2019-2020.” Skripsi pada Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas.
Tafsir, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT Rosdakarya.

Tim Dosen Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2010. Aktualisasi Pendidikan Islam. Malang: Hilal Pustaka.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Undang-undang Sisdiknas Nomor. 20 Tahun 2003 Pasal 3.
Widijanah, Siti Eko. 2020. “Implementasi Pendidikan Akhlak Islami Pada Keluarga Broken Home: Studi Kasus Di Desa Buduran Kabupaten Sragen Tahun 2020-2021.” Skripsi pada Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana.
Published
2023-06-30