UPAYA MUHAMMADIYAH MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN ISLAM
Keywords:
Muhammadiyah, Pendidikan Islam, Kualitas Pendidikan, Strategi, Pengembangan Kurikulum
Abstract
Penelitian ini membahas upaya yang dilakukan oleh Muhammadiyah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam di Indonesia. Sebagai salah satu organisasi Islam terbesar, Muhammadiyah memiliki peran strategis dalam membentuk sistem pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam, modernitas, dan profesionalisme. Fokus kajian ini meliputi berbagai strategi yang diterapkan, seperti pengembangan kurikulum berbasis nilai-nilai keislaman, peningkatan kompetensi tenaga pendidik, dan pengelolaan lembaga pendidikan secara berkelanjutan. Penelitian ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah berhasil menciptakan model pendidikan yang tidak hanya kompetitif tetapi juga relevan dengan tantangan zaman.
References
Al-Attas, S. M. N. (1991). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC.
Aziz, A. (2019). Manajemen Pendidikan di Lembaga Muhammadiyah: Studi Kasus Sekolah Islam Terpadu. Bandung: Pustaka Islam Modern.
Azra, A. (2002). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Fauzi, M. (2018). Integrasi Ilmu Agama dan Sains dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Kurikulum dan Pengajaran, 13(2), 67-78.
________ (2021). Manajemen Wakaf Muhammadiyah dalam Mendukung Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Ekonomi Islam dan Wakaf, 15(2), 45-58.
Hasan, M. (2020). Pendidikan Inklusif dalam Perspektif Muhammadiyah: Studi Kasus Sekolah di Daerah Marginal. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 10(1), 55-68.
Hasanah, R. (2020). Pembiasaan Praktik Keagamaan dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 33-47.
Nurhayati, S. (2021). Peran Muhammadiyah dalam Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 45-57.
Saifuddin, A. (2020). Strategi Muhammadiyah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Akses bagi Kelompok Marginal. Jurnal Pendidikan, 18(3), 101-112.
Suara Muhammadiyah. (2023). "Pendidikan Muhammadiyah: Dinamika dan Kontribusi untuk Negeri". [Online] Tersedia di: https://www.suaramuhammadiyah.id.
Tilaar, H. A. R. (2004). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aziz, A. (2019). Manajemen Pendidikan di Lembaga Muhammadiyah: Studi Kasus Sekolah Islam Terpadu. Bandung: Pustaka Islam Modern.
Azra, A. (2002). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Fauzi, M. (2018). Integrasi Ilmu Agama dan Sains dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Kurikulum dan Pengajaran, 13(2), 67-78.
________ (2021). Manajemen Wakaf Muhammadiyah dalam Mendukung Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Ekonomi Islam dan Wakaf, 15(2), 45-58.
Hasan, M. (2020). Pendidikan Inklusif dalam Perspektif Muhammadiyah: Studi Kasus Sekolah di Daerah Marginal. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 10(1), 55-68.
Hasanah, R. (2020). Pembiasaan Praktik Keagamaan dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 33-47.
Nurhayati, S. (2021). Peran Muhammadiyah dalam Modernisasi Kurikulum Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 45-57.
Saifuddin, A. (2020). Strategi Muhammadiyah dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Akses bagi Kelompok Marginal. Jurnal Pendidikan, 18(3), 101-112.
Suara Muhammadiyah. (2023). "Pendidikan Muhammadiyah: Dinamika dan Kontribusi untuk Negeri". [Online] Tersedia di: https://www.suaramuhammadiyah.id.
Tilaar, H. A. R. (2004). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.