STUDI KENAKALAN REMAJA SMP DAN SMA DI KOTA PONTIANAK SERTA PERAN PAI DALAM MENGATASINYA: ANALISIS ISI

  • Widya Sari Pascasarjana IAIN Pontianak
  • Sukino Pascasarjana IAIN Pontianak
  • Wahab Pascasarjana IAIN Pontianak
Keywords: Analisis Isi; Kenakalan Remaja; PAI; Pontianak

Abstract

Siswa SMP dan SMA dikategorikan sebagai remaja karena berusia 13-18 tahun. Remaja adalah fase transisi dari usia kanak-kanak menuju usia dewasa. Peristiwa ini menyebabkan perubahan fisiologi, kecerdasan emosi dan sosial. Akibat tidak stabilnya kondisi remaja yang dipengaruhi perubahan tersebut maka kenakalan remaja rentan terjadi karena pencarian jati diri. Kenakalan remaja adalah bentuk penyimpangan hukum, agama, dan norma sosial yang merugikan diri sendiri atau orang lain. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan analisis isi terhadap 5 artikel relevan yang berhubungan dengan kenakalan remaja di Kota Pontianak. Bentuk kenakalan remaja yang ditemukan diantaranya perundungan, pornografi, ketidakpatuhan terhadap aturan sekolah, perkelahian antar siswa dan ketidakpahaman akan heterogenitas siswa. Pendidikan agama Islam berperan untuk mengembangkan kepribadian siswa tentang cara bersikap yang sebaik-baiknya agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Sehingga siswa diharapkan dapat mendapatkan jati diri tanpa harus melakukan segala bentuk kenakalan remaja.

References

Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13.
Bahari, Y. (2016). Analisis Pengendalian Sosial Persuasif Kenakalan Siswa Oleh Wali Kelas X SMAN 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5.
Bahri, S. (2019). Analisis Kenakalan Remaja Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8.
Fidarsih, I. Y., Erlina, D., & Yuniar, Y. (2023). Strategi Guru PAI dalam Membina Karakter Peduli Sosial Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Muaddib: Islamic Education Journal, 6(1 SE-Articles), 10–18. https://doi.org/10.19109/muaddib.v6i1.21999
Fikawati, S. (2009). Efek Paparan Pornografi Pada Remaja SMP Negeri Kota Pontianak Tahun 2008. Makara Sosial Humaniora, 13.
Indah, A. V. (2022). ETIKA PENDIDIKAN DALAM PEMIKIRAN AL-GHAZALI DAN KI HADJAR DEWANTARA: SEBUAH TELAAH PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 7(2 SE-), 175–196. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v7i2.23931
Jasmisari, M. (2022). Kenakalan Remaja Di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas Di Bandung: Studi Pendahuluan. Aliansi : Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional, 137–145.
Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. Sage. https://books.google.co.id/books?id=q657o3M3C8cC
Krippendorff, K. (2013). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=s_yqFXnGgjQC
Mahendra, Y., Nuha, U., Suryani, R., & Agyus, V. (2019). Pengembangan pendidikan karakter menuju transformasi abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Maula, R. (2021). KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-GHAZALI. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1 SE-Articles), 166–180. https://doi.org/10.36835/jipi.v19i1.3644
Muhopilah, P., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(2), 99. https://doi.org/10.26555/jptp.v1i2.15132
Neuendorf, K. A. (2002). The Content Analysis Guidebook. SAGE Publications. https://books.google.co.id/books?id=huPVtmu4sigC
Nuruddaroini, M., & Zubaidillah, M. (2022). Adab Murid Kepada Guru Perspektif Alquran (Telaah Tafsir Maudhu’i). Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits, 1, 59. https://doi.org/10.35931/am.v1i1.1047
Putri, T. H., Asseggaf, S. N. Y. R. S., Tyas, T. W., & Khansa, M. P. (2024). Skrining dan Edukasi (S.E.S.I) Pencegahan Bullying pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 7(7), 3121–3130. https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i7.15235
Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1727
Sayid Ahmad Ramadhan, & Hendra Sucipto. (2023). Adab Terhadap Ilmu Perspektif Imam Al-Ghazali. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 10(2), 1–11. https://doi.org/10.53627/jam.v10i2.5297
Thomas, S., Itasari, E. R., Sagio, I., Bangun, B. H., Elida, S. A., Purwanti, E., Wulandari, R., Arsensius, A., Erwin, E., Darajati, M. R., & Kinanti, F. M. (2024). Sosialisasi Penguatan Kesadaran Hukum Tentang Kenakalan Remaja Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1 SE-), 1161–1165. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.4335
Willis, S. S. (2012). Remaja & Masalahnya. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=pEUxMwEACAAJ
Published
2025-03-27