PENGARUH PENGETAHUAN LABEL HALAL DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MELALUI REKOMENDASI KELOMPOK SEBAGAI VARIABEL MODERATING

  • Saleh Sitompul sitompul Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ITMI, Medan
Keywords: Kesadaran Merek, Pengetahuan Dan Label Halal, Keputusan Pembelian, Rekomendasi Kelompok

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih.Variabel bebas (eksogen) dalam penelitian ini adalah Kesadaran merek (X1), Pengetahuan Produk (X2) dan Label Halal (X3). Variabel terikat (endogen) dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y). Variabel moderator dalam penelitian adalah Rekomendasi Kelompok (Z). Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research.Populasi dalam penelitian ini adalah populasi target yakni seluruh perempuan yang membeli Kosmetik Emina dari di Kota Medan yang belum diketahui jumlahnya. Adapun teknik pengambilan ukuran sampel dengan menggunakan Metode Hair yaitu dengan menggandakan minimal 10 dari total variabel bebas dan terikat. Pada penelitian ini terdapat 5 variabel penelitian, dan penulis memilih 20 kali penggandaan, sehingga diperoleh jumlah responden yang diambil sebanyak 100 orang sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan Smart-PLS. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesadaran merek berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, Pengetahuan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, Label halal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, Rekomendasi Kelompok berpengaruh negatif dan signifikan memoderasi kesadaran merek terhadap keputusan pembelian, Rekomendasi Kelompok berpengaruh negatif dan signifikan signifikan memoderasi pengetahuan terhadap keputusan pembelian dan Rekomendasi Kelompok berpengaruh negatif dan tidak signifikan memoderasi label halal terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina di Kota Medan.

 

References

A, Shimp, Terence .2013. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta :Erlangga.
Aakanksha Singhal Garima Malik. 2018. The attitude and purchasing of female
consumers towards green marketing related to cosmetic industry. Journal
of Science and Technology.
Arikunto, S. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Basyaruddin. Sosialisasi Sertifikasi Halal LPPOM MUI SU dan KADIN SU. 21 Oktober 2015. Medan.
Durianto, Darmadi; Sugiarto dan Lie Joko Budiman. 2014. Brand EquityTen: Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Dwi Agustina Kurniawati and Hana Savitri. 2020. Awareness level analysis of
Indonesian consumers toward halal products.Journal of Islamic Marketing
Vol. 11 No. 2, 2020.
Engel, J.F. 2016. Perilaku Konsumen 1HC. Jakarta : Penerbit Bina Rupa Aksara.
Frastuti, Melia dan Saleh Sitompul.2020. Reformasi Sistem Administrasi Pemerintahan, Penakhlukkan Di Darat Dan Dilautan Pada Era Bani Umayyah. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah. Vol. 6 No. 2 Juli 2020, Hal. 119-127.
http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Shar-e
Ichsan, R. et al. (2020). Determinant of Sharia Bank's Financial Performance during the Covid19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCIJournal). P. 298-309.
https://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/1594/0
Kotler, P dan Keller, K.2016. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta : Penerbit Indeks.
Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta : Mitra Wacana Media.
Mannheim, K. 1952. The Problem of Generations. Essays on the Sociology of Knowledge, 24(19), 276-322–24.
Markplus dan Zap Clinic. 2018. Zap Beauty Index. Jakarta : Markplus Inc.
Nazia Yaseen, Mariam Tahira, Amir Gulzar, Ayesha Anwar. 2011. Impact of Brand Awareness, Perceived Quality and Customer Loyalty on Brand Profitability and Purchase Intention: A Resellers’ View. 3(8), 833-839. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business.
Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Edisi kedua. Bandung : Alfabeta.
Nurhudawi, Saleh Sitompul. 2020. Analisis Return Saham Pada Perusahaan Pertambangan Batubara Di Bursa Efek Indonesia. Shar-E: Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah. Vol. 6 No. 2 Juli 2020, Hal. 108-116.
http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Shar-e
Parry, E., & Urwin, P. 2010. Generational differences in workvalues: A review of theory and evidence. International Journalof Management Reviews, 13, 79–96. doi:10.1111/j.1468-2370.2010.00285.x.
Raihan Fakhrin Anggana, Idris. 2017. Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar XL Di Kalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro) Diponegoro Journal Of management Volume 6, Nomor 1, Tahun 2017, Halaman 1-10.
Rahayu, S. et al. (2020). Effect Of Work To Family Conflict And Work Stress On Organizational Commitments With Work Satisfaction As Intervening Variables. International Journal For Innovative Research In Multidisciplinary Field. Vol. 6, Issue 7, July – 2020: 10-17. https://www.ijirmf.com/volume-6-issue-7-published-in-july-2020/
Riski Yuliana Pramudi. 2015. Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Kelompok
Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Lokal. Jurnal Riset
Ekonomi dan Manajemen.
Ryder, N. B. 1965. The Cohort as a Concept in the Study of Social Change. AmericanSociological Review, 30(6), 843–861. https://doi.org/10.2307/2090964.
Sangadji, E.Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi pertama. Yogyakarta :Andi Offset.
Sitompul, Saleh dan Nasution, Siti Khadijah. 2019. The Effect of Car, BOPO, NPF, and FDR on Profitability of Sharia Commercial Banks in Indonesia. E-ISSN: 2615-3076. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences. Vol. 2. No. 3.http://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/412
Sitompul, Saleh dan Siti Khadijah. 2020. Analysis Net Profit, Dividend, Debt, Cash Flow, and Capital Net Working That Influence Investment Decisions on Manufacturing Companies. International Journal of Research and Review. Vol.7; Issue: 3; March 2020. https://www.ijrrjournal.com/archive_ijrr_vol.7_issue3.html
Published
2021-03-12
How to Cite
sitompul, S. S. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN LABEL HALAL DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MELALUI REKOMENDASI KELOMPOK SEBAGAI VARIABEL MODERATING . Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 50-64. https://doi.org/10.37567/shar-e.v7i1.402