PENERAPAN AKAD MURABAHAH DALAM PEMBIAYAAN MODAL USAHA DI BANK KALBAR SYARIAH CABANG SAMBAS

  • Ahmad Yasir Yasir Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
Keywords: Akad Murabahah, Pembiayaan Modal Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan akad Murabahah dalam pembiayaan modal usaha di bank kalbar syariah cabang sambas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan  (field  research) dengan pendekatan   kualitatif. Untuk memperoleh data atau informasi secara langsung ke objek penelitian yaitu Bank Kalbar Syariah Cabang Sambas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Bank Kalbar Syariah Cabang Sambas telah menerapkan Akad Murabahah dalam Pembiayaan Modal Usaha, namun bukan Akad Murabahah murni ,melainkan murabahah bil wakalah yaitu bank mewakilkan kepada nasabah untuk membeli barang yang dibutuhkan nasabah. Dalam murabahah bil wakalah seharusnya nasabah membeli barang atas nama bank, tetapi dalam praktiknya nasabah membeli atas nama sendiri. Penerapan  akad murabahah pada pembiayaan modal usaha memiliki kelebihan yaitu Mudah  dilakukan,  karena  nasabah  tidak  perlu  memberikan  laporan keuangan usaha mereka kepada bank selain itu juga menjadi alternatif nasabah yang ingin menghindari riba’.

References

Ali, Z. ( 2008). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika.
Ascarya. (2008). Akad dan Produk Bank Syariah: Konsep dan Praktek di Beberapa Negara. Jakarta: Grafindo Persada.
Asiyah, B. N. (2014). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.
Muhammad. (2005). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: YKPN.
Muhammad. (2009). Model-model Akad Pembiayaan di Bank Syari’ah: Panduan Teknis Pembuatan Akad/Perjanjian pada Bank Syariah. Yogjakarta: UII Press.
Muhammad Syafi’i Antonio, :. (1999). Bank Syariah Suatu Pengenalan Umum. (Jakarta: Tazkia.
Umam, K. (2013). Manajemen Perbankan Syariah. Bandung: Pustaka Setia.
Widodo, E. W. (2005). Mengapa Memilih Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Published
2021-03-19
How to Cite
Yasir, A. Y. (2021). PENERAPAN AKAD MURABAHAH DALAM PEMBIAYAAN MODAL USAHA DI BANK KALBAR SYARIAH CABANG SAMBAS. Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 37-49. https://doi.org/10.37567/shar-e.v7i1.413